10 Juta Jamaah Sholat di Masjid Nabawi Selama Ramadhan

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Senin 25 Mar 2024 12:08 WIB

Jamaah di Masjid Nabawi. Foto: Agung Sasongko/Republika Jamaah di Masjid Nabawi.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Otoritas Umum untuk Perawatan Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, telah mengumumkan bahwa selama 10 hari pertama Ramadhan, Masjid Nabawi telah menerima 9.818.474 jamaah dan pengunjung. Angka ini termasuk jamaah yang juga dapat melaksanakan sholat di Al Rawdah Al Sharif.

Dilansir dari Saudi Gazette pada Senin (25/3/2024), kerajaan sangat mengutamakan pelayanan terhadap jamaah. Sehingga arus masuk jamaah di Masjid Nabi pun dikelola bersama layanan terintegrasi dan berkualitas tinggi, yang memfasilitasi sesi ibadah yang lancar dan efisien bagi banyak orang.

Baca Juga

BACA JUGA: Niat dan Tata Cara Sholat Qobliyah-Ba'diyah Dzuhur

Statistik resmi mengungkapkan bahwa 739.702 orang mengunjungi makam Nabi Muhammad. Mereka mengikuti langkah-langkah organisasi yang dirancang untuk mengelola arus kerumunan dan slot waktu untuk sholat sunnah untuk laki-laki dan wanita.

Selain itu, dilaporkan bahwa 26.910 orang lanjut usia dan mereka yang cacat menggunakan layanan yang ditawarkan kepada mereka dalam seminggu terakhir. Jumlah pengunjung yang menggunakan layanan bimbingan mencapai 132.893 jamaah.

Selain itu, 195.800 botol air Zamzam didistribusikan dan 2.908.530 makanan Iftar disediakan di area masjid yang diperuntukkan bagi mereka yang berpuasa.