Syafruddin Bersama Rombongan Buka Puasa dan Tarawih di Pondok Modern Tazakka

Red: Erdy Nasrul

Senin 25 Mar 2024 21:15 WIB

Pengurus ASFA Foundation shalat tarawih bersama di Masjid Pondok Modern Tazakka di Jawa Tengah. Foto: Tazakka Pengurus ASFA Foundation shalat tarawih bersama di Masjid Pondok Modern Tazakka di Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG -- Ketua ASFA Foundation Komjen Pol (Purn) Dr. Syafruddin Kambo mengikuti acara Tabligh Akbar, Buka Puasa Ramadhan dan Sholat Tarawih Bersama di Pondok Modern Tazakka, Bandar, Batang, Jateng, (24/3).

Acara rutin tahunan Tazakka tersebut dihadiri para alim ulama, pimpinan pondok pesantren, imam khotib marbot masjid, asatidz madin dan tpq, tokoh masyarakat, pejabat daerah, asatidz, santri dan masyarakat yang berjumlah sekitar 5000 orang.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Haji Syafruddin kembali menegaskan pentingnya percepatan dan pengembangan kaderisasi di lingkungan pesantren dan lembaga pendidikan Islam. Haji Syafruddin juga mengingatkan kembali bahwa bonus demografi Indonesia harus dipersiapkan dengan baik oleh pondok-pondok pesantren yang jumlahnya puluhan ribu.

Pimpinan Pondok Modern Tazakka KH. Anang Rikza Masyhadi, MA., Ph.D menegaskan pentingnya persatuan dan kesatuan umat Islam.

Kiai Anang menyebutkan bahwa perbedaan pendapat pada wilayah fikih sudah terjadi sejak berabad-abad, dan semuanya memiliki refrensi pendapat dalil yang kuat.

"Sudah tidak saatnya umat Islam berdebat dan berselisih tentang khilafiyah fiqhiyah, mari bersama-sama menatap ke depan, bekerja keras untuk memajukan pendidikan dan memakmurkan umat Islam", tegasnya.

Acara juga diisi dengan tasarruf zakat secara simbolik Lazis ASFA dan Lazis Tazakka kepada asnaf fi sabilillah untuk para imam khotib dan beasiswa mahasiswa serta asnaf miskin penyandang distabilitas.

Acara dihadiri oleh Irjen Pol (Purn) Nandang, Irjen Pol (Purn) Mas Guntur Laupe, Irjen Pol (Purn) Nur Windiyanto, Brigjen Pol Dr. Awal Chairuddin, PJ Bupati, Kapolres, Dandim, Ketua MUI, Ketua PCNU dan PD Muhammadiyah serta Ketua-ketua ormas se-Kabupaten Batang, Ketum Kospin Jasa H. Andy Arslan Djunaid, Pejabat Direktorat Penais Kemenag Pusat, Pengurus DMI dan MUI Pusat, Forum Silaturahum Kiai Muda se-Jawa Tengah.