Kemenhub Sediakan 300 Tiket Pelni Gratis Arus Balik Lebaran 2024 di Labuan Bajo

Red: Ani Nursalikah

Sabtu 23 Mar 2024 21:59 WIB

Sebuah kapal wisata pinisi melintas di perairan dekat Dermaga Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (30/7/2021). Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat mencatat selama periode Januari hingga pertengahan Juli 2021 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo berkisar 19 ribu wisatawan atau menurun dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai 30 ribu wisatawan. Foto: Antara/Muhammad Adimaja Sebuah kapal wisata pinisi melintas di perairan dekat Dermaga Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (30/7/2021). Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat mencatat selama periode Januari hingga pertengahan Juli 2021 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo berkisar 19 ribu wisatawan atau menurun dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai 30 ribu wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, MANGGARAI BARAT -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menyediakan sebanyak 300 tiket kapal Pelni (Pelayaran Nasional Indonesia) secara gratis Lebaran 2024 untuk arus balik lintas Labuan Bajo-Makassar pada 21 April 2024 melalui Program Tiket Gratis Angkutan Lebaran 2024.

 

Baca Juga

"Dari Makassar juga ada yang mudik 6 April 2024 kemudian dari sini (Labuan Bajo) ke Makassar itu sebanyak 300 tiket gratis," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo Stephanus Risdiyanto di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (23/3/2024).

 

Stephanus Risdiyanto menjelaskan program tersebut dilakukan bekerja sama dengan PT Pelni. Ia mengatakan pendaftaran mudik gratis hanya bisa dilakukan di loket Kantor Cabang Pelni dengan membawa identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Sementara itu bagi penumpang keluarga, wajib menunjukkan Kartu Keluarga (KK). "Pendaftaran sudah dimulai kemarin dan akan ditutup jika kuota 300 penumpang habis," katanya.

 

Ia menambahkan latar belakang Program Tiket Gratis Angkutan Lebaran 2024 untuk menekan angka kecelakaan peserta mudik, lebih khusus yang menggunakan moda transportasi darat. Di lain sisi, kata dia, melalui program tersebut pemerintah dapat membantu masyarakat dalam masa angkutan lebaran.

 

"Selain itu untuk memberikan pemerataan kepada seluruh wilayah Indonesia agar merasakan program pemerintah mudik gratis, salah satunya Labuan Bajo," katanya.