Tips Puasa Ramadhan Aman untuk Anak

Rep: Mgrol150/ Red: Muhammad Hafil

Sabtu 23 Mar 2024 20:17 WIB

Anak-anak hendak mengambil takjil berbuka puasa Ramadhan. Foto: Republika/Thoudy Badai Anak-anak hendak mengambil takjil berbuka puasa Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan bagi umat muslim untuk berpuasa dan menunaikan ibadah – ibadah lainnya. Berpuasa tidak hanya dilakukan oleh orang yang sudah dewasa, melainkan puasa juga bisa dilakukan oleh anak – anak. Tidak sedikit orang tua yang ingin mengajarkan anaknya untuk belajar berpuasa. Ada beberapa tips untuk anak – anak berpuasa dengan aman.

Tubuh yang sedang mengalami masa pertumbuhan memiliki kebutuhan yang berbeda dengan orang dewasa. Anak – anak mungkin mengalami rasa haus dan lapar untuk waktu yang lama. Untuk memulai puasa singkat, dapat ditingkatkan durasinya seiring penyesuaian pada tubuh anak.

Baca Juga

“Anak-anak tidak bisa mentolerir rasa haus dan lapar selama seluruh periode puasa, jadi tambah waktunya secara bertahap setelah Anda melihat anak sudah siap. Jika anak merasa sangat lelah dan lelah saat berpuasa, maka ia harus segera mengakhiri puasanya untuk menghindari komplikasi,” kata Otoritas Kesehatan Dubai, dilansir dari GulfNews, Sabtu (23/03/2024).

Dilansir dari GulfNews, terdapat beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk memastikan bahwa anak – anak mereka mengikuti pola makan sehat seimbang yang kaya nutrisi penting dan menerapkan pola hidup sehat untuk mendapatkan pengalaman yang aman dan memuaskan selama Ramadhan berlangsung. Berikut beberapa tipsnya:

1. Mempercepat buka puasa dan menunda sahur sebisa mungkin. Hal tersebut berguna untuk dapat menjalankan puasa secara optimal

2. Makan sumber protein seperti telur, keju, ayam, ikan, daging, dan kacang-kacangan untuk berbuka puasa dan sahur beserta pati, sayur dan buah segar atau matang. Dari unsur – unsur tersebut dapat menjaga tubuh tetap sehat dan terjaga

3. Minumlah air putih yang cukup mulai dari buka puasa hingga sahur. Memasukkan cairan yang banyak pada tubuh dapat menjaga stamina dan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik

4. Makanlah dua camilan sehat antara buka puasa dan sahur.

5. Kurangi yang manis-manis dan ganti dengan buah-buahan.

6. Hindari makanan asin, daging olahan, dan makanan cepat saji untuk menghindari rasa haus saat berpuasa.

7. Jam tidur yang cukup.