Bank DKI Siapkan 15 Lokasi Penukaran Uang untuk Idul Fitri

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Bilal Ramadhan

Sabtu 23 Mar 2024 18:29 WIB

Mulai tanggal 1 sampai dengan 5 April 2024 nasabah Bank DKI dapat memperoleh layanan penukaran uang. Bank DKI menyiapkan sebanyak 15 lokasi penukaran uang untuk Hari Raya Idul Fitri. Foto: dok Bank DKI Mulai tanggal 1 sampai dengan 5 April 2024 nasabah Bank DKI dapat memperoleh layanan penukaran uang. Bank DKI menyiapkan sebanyak 15 lokasi penukaran uang untuk Hari Raya Idul Fitri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank DKI mulai melakukan persiapan untuk memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat jelang Idul Fitri 1445 H. Salah satunya persiapan yang akan dilakukan adalah menyiapkan layananan penukaran uang jelang momen Lebaran.

Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono menjelaskan, pihaknya telah menyediakan 15 kantor cabang dan layanan kas keliling untuk memenuhi kebutuhan uang dan layanan penukaran uang rupiah. Layanan itu merupakan wujud dukungan terhadap, program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) Bank Indonesia (BI) 2024, guna memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat akan uang rupiah pada momen menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 2024.

Baca Juga

"Mulai tanggal 1 sampai dengan 5 April 2024 nasabah Bank DKI dapat memperoleh layanan penukaran uang pada 15 Kantor Cabang Bank DKI, sepanjang jam layanan pukul 08.00-15.00 WIB," ucap Amirul, yang merangkap sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Sabtu (23/3/2024).

Sebagai informasi, Bank Indonesia telah menyiapkan Uang Layak Edar (ULE) dengan proyeksi sebesar Rp 197,6 triliun melalui 449 titik layanan kas keliling dan 4.264 titik layanan penukaran perbankan sejak 15 Maret hingga 5 April 2024. Salah satu bank yang ikut serta adalah Bank DKI.

Adapun lokasi kantor cabang Bank DKI untuk penukaran uang adalah sebagai berikut:

- Cabang Balai Kota

- Cabang Juanda

- Cabang Wali Kota Jakarta Pusat

- Cabang Pintu Besar Selatan

- Cabang Tanjung Priok

- Cabang Wali Kota Jakarta Utara

- Cabang Matraman

- Cabang Otista

- Cabang Wali Kota Jakarta Timur

- Cabang Wali Kota Jakarta Selatan

- Cabang Wali Kota Jakarta Barat

- Cabang Permata Hijau

- Cabang Syariah Pondok Indah

- Cabang Syariah Wahid Hasyim.

Amirul menambahkan, seluruh kantor cabang tersebut telah terdaftar pada loket penukaran SERAMBI BI tahun 2024. Selain layanan penukaran di loket Cabang, Bank DKI juga akan membuka layanan Kas Keliling di Hall Badminton Gelora Bung Karno (Istora) tanggal 28-31 Maret 2024 pukul 08.00 WIB selesai.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi mengatakan, langkah itu diharapkan dapat membantu nasabah Bank DKI dalam memenuhi berbagai kebutuhan selama periode bulan Ramadhan dan Hari Raya Idulfitri.

"Melalui kesiapan Bank DKI dalam melakukan pemenuhan kebutuhan uang tunai tersebut, diharapkan dapat memberikan berkontribusi positif pada perputaran uang di masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional," kata Arie.