Masyarakat Sulut Diimbau Cermat Terima Uang, Jangan Lupa Cek Keasliannya

Red: Qommarria Rostanti

Jumat 22 Mar 2024 20:53 WIB

Uang rupiah palsu (ilustrasi).  Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut) mengimbau warga bijak berbelanja dan mencermati keaslian uang rupiah menjelang Lebaran 2024. Foto: dok. Pixabay Uang rupiah palsu (ilustrasi). Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut) mengimbau warga bijak berbelanja dan mencermati keaslian uang rupiah menjelang Lebaran 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut) mengimbau warga bijak berbelanja dan mencermati keaslian uang rupiah menjelang Lebaran 2024. Imbauan ini diberikan untuk mengantisipasi meningkatnya aktivitas perdagangan menjelang Lebaran 2024.

"Pasti akan ada peningkatan aktivitas perdagangan di Sulut jelang Lebaran, jadi kami imbau warga lebih bijak, dan cermat menerima uang," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Andry Prasmuko, di Manado, Jumat (22/3/2024).

Baca Juga

Andry mengatakan sama-sama mengantisipasi adanya oknum yang tidak bertanggung jawab menyebar uang palsu di saat ramainya transaksi perdagangan. Pada Ramadhan dan Idul Fitri ini, BI mengimbau masyarakat di Sulut untuk bijak berbelanja dan mencermati ciri-ciri keaslian uang rupiah dengan senantiasa menerapkan 3D, yakni dilihat, diraba, dan diterawang.

Belanja bijak diwujudkan dengan belanja sesuai kebutuhan tidak berlebihan, memastikan kualitas setara dengan harga, dan tidak menimbun pembelian. Andry juga mengingatkan masyarakat prioritaskan belanja produk dalam negeri khususnya produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta mengalokasikan dana secara tepat yakni berhemat dan menabung.