Tips Menjaga Kesehatan dan Energi Selama Ramadhan

Rep: Mgrol150/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 21 Mar 2024 17:46 WIB

Puasa Ramadhan (ilustrasi). Menjalankan puasa tidak hanya soal mempersiapkan mental dan spiritual, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh Foto: www.freepik.com Puasa Ramadhan (ilustrasi). Menjalankan puasa tidak hanya soal mempersiapkan mental dan spiritual, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pada bulan suci Ramadhan seluruh umat muslim menjalani ibadah puasa dan menjalankan ibadah – ibadah lainnya. Penting bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan energi selama bulan Ramadhan. Terdapat beberapa tips untuk menajaga tubuh selama bulan Ramadhan.

Salah satu aspek yang penting dalam menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan adalah memastikan waktu makan yang seimbang. Penting sekali mengatur jarak waktu makan dengan bijak di luar jam puasa. 

Baca Juga

“Alokasikan waktu makan Anda dengan bijak selama jam-jam di luar puasa untuk memastikan pelepasan energi yang stabil sepanjang hari. Pertimbangkan untuk makan lebih sedikit dan lebih sering untuk mencegah makan berlebihan dan meningkatkan pencernaan,” kata Dr. Riyaz Uzman, dilansir dari GulfNews, Kamis (21/03/2024).

Selanjutnya, menjaga hidrasi dan nutrisi yang tepat memiliki peran penting dalam mempertahankan energi selama bulan Ramadhan. Menurut Konsultan Kedokteran Keluarga Rumah Sakit di Dubai, bahwa Hidrasi sangat penting ketika seseorang tidak mengonsumsi cairan pada siang hari. Dianjurkan bagi setiap muslim yang menjalankan puasa untuk meminum banyak air ketika berbuka puasa dan sahur. Selain itu, makanlah makanan yang menghidrasi tubuh, seperti buah – buahan dan sayuran dengan kandungan air tinggi.

Walaupun dalam menjalankan puasa adalah menahan lapar dan dahaga, penting bagi seseorang yang berpuasa untuk tetap menjaga aktivitas fisik. Hal yang dapat dilakukan adalah berjalan kaki atau melakukan peregangan ringan secara teratur dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan mood dan menjaga kekuatan otot.

Kemudian, bagi penderita diabetes atau hipertensi diperlukan perhatian khusus pada saat menjalankan ibadah puasa. Bagi mereka yang memiliki penyakit tersebut dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk terus memantau kadar gula secara teratur, menyesuaikan dosis obat jika diperluka, dan memperhatikan pilihan makanan.

Saat menjalankan puasa, penting untuk peka terhadap tubuh dan menyesuaikan pola puasa dan makan. Jika seseorang sudah merasakan kelelahan atau tidak enak badan, dianjurkan untuk berbuka dan memprioritaskan kesehatan. Tidak perlu memaksakan puasa karena masing – masing orang memiliki toleransi yang berbeda – beda terhadap puasa. 

Terpopuler