7 Daftar Destinasi Wisata Religi Populer di Jawa Barat

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 21 Mar 2024 16:31 WIB

Sejumlah umat Muslim melaksanakan sholat Idul Fitri 1442 Hijriah di Masjid Dian Al-Mahri, Depok, Jawa Barat. Foto: Republika/Putra M. Akbar Sejumlah umat Muslim melaksanakan sholat Idul Fitri 1442 Hijriah di Masjid Dian Al-Mahri, Depok, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Suci Ramadhan bukan hanya menjadi momentum untuk meningkatkan amal kebajikan dan ibadah-ibadah sunnah lainnya, tetapi juga menghidupkan tradisi yang kerap ada di bulan Ramadhan, seperti ngabuburit berburu takjil hingga menyusuri berbagai destinasi wisata religi dengan mengunjungi masjid-masjid ikonik.

Wisata religi tidak hanya untuk menumbuhkan kecintaan terhadap masjid, tetapi juga menambah wawasan keagamaan karena umumnya masjid-masjid ini di setiap Ramadhan akan menggelar pesantren Ramadhan ataupun pengajian Ramadhan.

Baca Juga

Berikut ini rekomendasi wisata religi yang selalu ramai dikunjungi di bulan Ramadhan maupun hari-hari biasa.

Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat

1. Masjid Raya Al Jabbar

Masjid ini berada di Jalan Cimincrang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Masjid ini tidak pernah sepi dari kunjungan warga sekitar hingga jamaah dari asia tenggara juga sudah mulai menjadikan masjid raya al jabar ini sebagai destinasi wisata religi. Paling sedikit 5.000 jamaah yang berkunjung, paling banyak 43 ribu jamaah dalam sehari. Rata-rata kunjungan setiap hari mencapai 12 ribu.

photo
Masyarakat berwudhu di pelataran masjid untuk mengikuti shalat tarawih pertama Ramadhan 1445 H di Masjid Raya Jawa Barat Al Jabbar, Kota Bandung, Senin (11/3/2024). Dalam tarawih pertama ini, Imam Besar Masjid Raya Al Jabbar KH Miftah Faridl hadir menyampaikan ceramah. - (Edi Yusuf/Republika)

2. Masjid At-Thohir

Masjid yang berada di kawasan Cimanggis, Tapos, Kota Depok ini juga berpotensi menjadi ikon baru destinasi wisata religi di Indonesia. Masjid At-Thohir yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Maret 2022 ini didirikan oleh dua bersaudara yang juga pengusaha sukses pemilik Adaro Energy Indonesia, Boy Thohir dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Selanjutnya...