Haus Berlebihan Saat Puasa? Atasi dengan 6 Cara Ini

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Kamis 21 Mar 2024 13:57 WIB

Air minum (ilustrasi). Untuk membantu mengatasi rasa haus selama Ramadhan, ada beberapa tips sehat dan bermanfaat yang bisa diterapkan. Foto: www.pixabay.com Air minum (ilustrasi). Untuk membantu mengatasi rasa haus selama Ramadhan, ada beberapa tips sehat dan bermanfaat yang bisa diterapkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadan sering kali membuat tubuh merasa haus. Utamanya di tengah cuaca yang panas dan kegiatan yang padat. Dilansir Geo.tv pada Kamis (21/4/2023), rasa haus bisa menjadi lebih mengganggu dibandingkan rasa lapar saat berpuasa.

Untuk membantu mengatasi rasa haus selama Ramadhan, ada beberapa tips sehat dan bermanfaat yang bisa diterapkan:

Baca Juga

1. Konsumsi yoghurt

Yoghurt mengandung sekitar 85 persen air dan kaya akan nutrisi. Dengan mengonsumsi yoghurt saat sahur atau buka puasa, Anda bisa mendapatkan hidrasi tambahan selama berbuka puasa.

2. Hindari aktivitas fisik yang terlalu berat

Aktivitas fisik yang terlalu intens, olahraga yang agresif, dan paparan panas dapat membuat tubuh lebih cepat dehidrasi saat berkeringat. Karena itu, Anda disarankan untuk menghindari aktivitas ini selama bulan Ramadhan, terutama pada siang hari.

3. Kurangi konsumsi minuman berkafein

Minuman seperti teh, kopi, dan minuman bersoda bisa meningkatkan risiko dehidrasi dan rasa haus. Kurangi konsumsi minuman ini selama Ramadhan. Gantilah dengan minuman yang lebih sehat dan tidak mengandung kafein.

4. Tambahkan makanan berair dalam pola makan

Makanan seperti semangka, mentimun, selada, dan tomat mengandung banyak air dan juga kaya akan vitamin, serta serat. Tambahkan makanan-makanan ini dalam diet Anda untuk membantu menjaga hidrasi tubuh.

5. Hindari makanan pedas dan asin

Makanan yang terlalu pedas atau asin bisa membuat Anda lebih membutuhkan cairan tubuh karena bisa menyebabkan mulut terasa kering. Hindari makanan-makanan ini selama Ramadhan.

6. Mandi untuk merasa sejuk

Mandi pada siang hari dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan memberikan sensasi sejuk yang menyegarkan. Hal ini juga dapat membantu mengurangi rasa haus selama berpuasa.