Jelang Lebaran, Hartadinata Sebut Masyarakat Justru Beli Emas

Red: Fuji Pratiwi

Kamis 21 Mar 2024 02:55 WIB

Pengunjung memperhatikan gerai emas Hartadinata pada pameran investasi tanpa cemas dengan emas di Bandung, Jawa Barat, Rabu (26/10/2022). Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi Pengunjung memperhatikan gerai emas Hartadinata pada pameran investasi tanpa cemas dengan emas di Bandung, Jawa Barat, Rabu (26/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski momen Ramadhan dan Lebaran kerap dikaitkan dengan kebutuhan uang meningkat, PT Hartadinata Dinata Abadi Tbk menyebut masyarakat membeli emas pada momen tersebut.

Direktur Utama Hartadinata Sandra Sunanto mengungkapkan, biasanya pekan kedua Ramadhan, masyarakat membeli perhiasan emas dan emas batangan. "Namun, sejak pandemi Covid-19, ada perubahan. Setelah pandemi, masyarakat lebih memilih menabung emas," kata Sandra usai peluncuran logo baru PT Hartadinata Abadi Tbk di Kuningan, Jakarta, Rabu (20/3/2024) petang.

Baca Juga

Ia menambahkan, komposisi sejak pandemi sampai saat ini, penjualan emas batangan hampir imbang dengan perhiasan. "Potensi pasar dalam negeri luar biasa," ujar Sandra.

Di saat Lebaran, masyarakat juga kini mulai ada yang memberi emas kepada sanak keluarga saat Lebaran, tidak lagi uang. Hartadinata menangkap peluang itu dengan menyediakan produk Emaskita mulai dari 0,1 gram.

"Saat mereka dapat THR pun, tidak semua uangnya digunakan. Ada untuk menabung dan mudik," kata Sandra.

Di momen Ramadhan dan Lebaran ini, emiten dengan kode saham HRTA itu tawarkan produk tematik "Adiba". Produk ini bernuansa Timur Tengah.