Solo Safari Prediksi Lonjakan Pengunjung Dibandingkan Lebaran 2023

Red: Fuji Pratiwi

Rabu 20 Mar 2024 20:19 WIB

Peserta kerja bakti mengamati satwa Gajah di area pembangunan Solo Safari dari program penataan ulang dan revitalisasi Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) di Solo, Jawa Tengah, Jumat (20/1/2023). Foto: ANTARA FOTO/Maulana Surya Peserta kerja bakti mengamati satwa Gajah di area pembangunan Solo Safari dari program penataan ulang dan revitalisasi Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) di Solo, Jawa Tengah, Jumat (20/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Objek wisata Solo Safari di Solo, Jawa Tengah, memperkirakan adanya lonjakan pengunjung pada libur Idul Fitri tahun ini dibandingkan Lebaran 2023. Hal itu menyusul selesainya pembangunan fase kedua.

General Manager (GM) Solo Safari Shinta Adithya, di Solo, Rabu (20/3/2024), mengatakan, pada periode libur Lebaran tahun lalu jumlah pengunjung di Solo Safari di kisaran 10 ribu hingga 12 ribu pengunjung per hari.

Baca Juga

Meski belum menyebut angka pasti, Solo Safari memperkirakan jumlah pengunjung tahun ini akan lebih besar dibandingkan tahun lalu. Oleh karena itu, pengelola Solo Safari telah melakukan sejumlah persiapan. Di antaranya persiapan lokasi parkir, koordinasi dengan kepolisian setempat, Dinas Perhubungan, dan warga sekitar.

"Ini untuk mengantisipasi puncak keramaian di H-2 sampai H+7 Lebaran. Kami juga menambah area jualan makanan dan minuman, serta menambah kursi di kawasan Solo Safari," kata Shinta.

Selain itu, pengelola juga akan menambah jumlah tenaga kerja untuk memberikan pelayanan kepada pengunjung.

Sementara itu, mengenai harga tiket, seperti halnya pada musim libur yang lain akan ada penyesuaian. Namun, ia belum dapat memastikan berapa harga tiket yang dijual selama periode libur Lebaran.

"Tiket pakai harga weekend. Biasanya ada penyesuaian khusus high season. Kalau saat ini holiday season pakai harga weekend," kata Shinta lagi.

Saat libur akhir pekan, harga tiket reguler pengunjung anak Rp 60 ribu dan dewasa Rp 75 ribu. Sedangkan tiket premium anak Rp 80 ribu dan dewasa Rp 110 ribu.

Hingga saat ini koleksi satwa yang ada di Solo Safari ada sekitar 500 satwa. Ia mengatakan beberapa jenis satwa yang ditambahkan pada fase dua, di antaranya unta, aviari, buaya, dan kuda nil.

"Selain itu, ada juga pembangunan Bengawan Floating Resto yang mengapung di atas danau serta activity zone ada rumah pohon dan labirin," kata dia menambahkan.