Sambut Lebaran, BCA Siapkan Uang Tunai Hingga Rp 68,80 Triliun

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor

Selasa 19 Mar 2024 16:48 WIB

Logo Bank BCA. Foto: Republika/Putra M. Akbar Logo Bank BCA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Central Asia  (BCA) memastikan ketersediaan uang tunai sebesar Rp 68,80 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Ramadan hingga Idul Fitri 2024, atau sejak 25 Maret 2024 hingga 16 April 2024. Jumlah tersebut naik 7 persen dari angka realisasi ketersediaan uang tunai pada momen bulan suci dan Lebaran 2023, seiring proyeksi peningkatan aktivitas konsumsi masyarakat.

Selain ketersediaan uang tunai, BCA juga memastikan kebutuhan nasabah untuk menukar uang terpenuhi. Di wilayah Jabodetabek, BCA siap memfasilitasi nasabah dengan layanan penukaran uang melalui 39 Kantor Cabang Utama (KCU) di Jabodetabek selama periode 1–5 April 2024. 

Baca Juga

Selain itu, tersedia pula satu mobil kas keliling di area Istora Senayan selama periode 28–31 Maret 2024. Pemudik juga bisa menukarkan uang di Rest Area KM 57 Tol Jakarta Cikampek selama 2–5 April 2024. Sementara untuk cabang di luar wilayah Jabodetabek, layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) menyesuaikan dengan ketersediaan di cabang tersebut.

“Kami berharap kesiapan BCA dalam memenuhi kebutuhan uang tunai selama Ramadhan dapat berkontribusi positif dalam perputaran uang di masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional,” tutur Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Jahja Setiaatmadja, Selasa (19/3/2024).

Tidak hanya peningkatan transaksi dengan uang tunai, BCA juga memproyeksikan peningkatan jumlah transaksi di kanal digital BCA. Oleh karena itu, BCA memastikan nasabah dapat menikmati layanan perbankan BCA di mana pun dan kapan pun melalui aplikasi myBCA, BCA mobile, internet banking (KlikBCA), serta ATM BCA.

“Saat ini, banking from anywhere telah menjadi standar dalam layanan perbankan. Kami senantiasa berkomitmen menyediakan platform transaksi perbankan yang andal, sehingga nasabah dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman di bulan suci Ramadhan tahun ini,” ungkap Jahja.

Selama masa Ramadhan, BCA juga melakukan penyesuaian jam operasional kantor cabang hingga pukul 14.30 waktu setempat. Kendati demikian, BCA tetap siap melayani kebutuhan transaksi nasabah selama 24 jam melalui layanan digital yang tersedia di aplikasi myBCA, BCA mobile, internet banking (KlikBCA), hingga jaringan ATM BCA di penjuru Indonesia.