Berapa Jumlah Rakaat Tarawih Nabi Muhammad SAW?

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Senin 18 Mar 2024 11:05 WIB

Umat muslim menggunakan perahu untuk berangkat melaksanakan shalat Tarawih di Masjid Riyadhul Abidin, Ulu Gedong, Jambi, Jumat (15/3/2024). Banjir yang telah merendam kawasan itu sejak tiga bulan terakhir dan melumpuhkan akses jalan darat tidak menyurutkan umat muslim setempat untuk melaksanakan ibadah shalat Tarawih berjamaah di masjid. Foto:

1

Dalam riwayat Imam al-Bukhari bahkan disebutkan bahwa jumlah rakaat sholat malam Nabi Muhammad SAW kadang 7 rakaat, terkadang 9 rakaat atau bisa sampai 11 rakaat.

عَنْ مَسْرُوقٍ، قَالَ : سَأَلْتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، عَنْ صَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِاللَّيْلِ؟ فَقَالَتْ: سَبْعٌ، وَتِسْعٌ، وَإِحْدَى عَشْرَةَ، سِوَى رَكْعَتِي الفَجْرِ»

Sahabat Masruq Radhuaylahu anhu bertanya kepada Sayyidah Aisyah tentang sholat malamnya Nabi Muhammad SAW. Sayyidah Aisyah menjawab, 7 rakaat, 9 rakaat dan juga 11 rakaat. Itu tidak termasuk 2 rakaat fajar (qabliyah Subuh). (HR Imam al-Bukhari)

Dari banyaknya riwayat terkait jumlah rakaat yang dikerjakan Nabi s.a.w. dalam shalat malam, yang mana itu tidak disebutkan pasti, tapi jumhur ulama menganjurkan untuk dilakukan dalam format dua rakaat satu salam.

Sebagaimana disebutkan oleh Nabi s.a.w. sendiri dalam sabdanya:

صلاة الليل مثنى مثنى، فإذا خشي أحدكم الصبح صلى ركعة واحدة توتر له ما قد صلى

"Sholat malam itu 2 (rakaat) 2 (rakaat), jika kalian takut akan datangnya subuh, maka sholatlah satu rakaat (witir) sebagai penutup" (Muttafaq 'Alayh)

Tapi tidak juga mengapa melakukan dengan format yang berbeda dari 2 rakaat 1 salam; yakni dengan format empat rakaat langsung satu salam. Toh pernah juga diriwayatkan bahwa Nabi saw. melakukan shalat malam empat rakaat.

Sebagaimana disebutkan oleh sayyidah 'Aisyah...

Terpopuler