Zaskia Mecca Berbagi Kisah Mendidik Anak Sedekah Terbaik Sejak Dini

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil

Ahad 17 Mar 2024 06:04 WIB

Aktris - Zaskia Adya Mecca Foto: Republika/Putra M. Akbar Aktris - Zaskia Adya Mecca

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Zaskia Adya Mecca berbagi kisah cara mendidik anak-anak dengan mengajari mereka berbagi dan sedekah yang terbaik. Kisahnya tersebut disampaikan dalam Talkshow sebelum acara Buka Puasa Akbar di Masjid Istiqlal pada Jumat (15/3/2024).

Zaskia mengatakan bahwa punya enam anak di rumah. Untuk mendidik anak-anak secara maksimal, Zaskia Adya Mecca memutuskan untuk meninggalkan syuting dan meninggalkan banyak pekerjaan.

Baca Juga

"Apalagi di bulan Ramadhan, jarang sekali mengambil pekerjaan, bahkan datang ke event pun memilih-milih, karena aku memilih banyak menghabiskan waktu dengan anak-anak," kata Zaskia dalam Talkshow sebelum acara Buka Puasa Akbar di Masjid Istiqlal pada Jumat (15/3/2024).

Zaskia mengungkapkan, kalau mengajarkan kebaikan dan berbagi kepada anak-anak, Insya Allah sudah ditanamkan kepada mereka sejak kecil. Jadi anak-anak itu melihat atau meniru orang tuanya, sebab anak-anak daripada mendengarkan pembicaraan lebih banyak meniru.

Zaskia mengaku sebenarnya tidak enak kalau terlalu banyak cerita. Tapi memang rutin mengajak anak-anak berbagi. Ketika ada makanan, anak-anak diajari bahwa makanan itu bisa dibagi juga ke orang lain.

"Aku ajak mereka ke tempat orang-orang yang kurang beruntung, jadi memang anak-anakku sudah diajarkan seperti itu," ujar Zaskia.

Zaskia menceritakan, anak-anak juga sering ikut kerja, kadang-kadang ikut syuting di luar. Biasanya setelah mengajak mereka kerja, memberi mereka uang honor setelah mengantar syuting.

"Dari honor yang mereka terima itu misalkan Rp 100.000 mereka sudah tahu bahwa sebagian harus dipisahkan dan harus bisa dibagi untuk orang lain," jelas Zaskia.

Zaskia mengatakan, bahkan sebelum Ramadhan, mengajak dan meminta anak-anak memilih mainan yang paling mereka suka atau mainan kesayangan mereka. Anak-anak bertanya buat apa.

"Saya jawab untuk anak-anak yang kurang beruntung di yayasan (panti), jadi mainan yang paling kalian sukai itu yang kalian bagikan karena berbagi itu kita bisa memberikan apa yang terbaik yang kita punya jadi aku sudah mengajari itu (ke anak-anak)," kata Zaskia.

Zaskia menegaskan alasannya mendidik anak-anak sejak kecil dengan membiasakan diri berbagi atau bersedekah. Sebab menurutnya kebiasaan itu akan menjadi kebiasaan mereka setelah dewasa nanti.

Terpopuler