Ini Konten Favorit Kunto Aji dan Nadhif Basalamah Saat Ramadhan

Red: Fuji Pratiwi

Jumat 15 Mar 2024 18:45 WIB

Penyanyi dan penulis lagu Kunto Aji dalam konferensi pers album ketiganya Pengantar Purifikasi Pikir di Gripa Studio Jakarta Selatan, Kamis (14/9/2023). Foto: Republika/Rahma Sulistya Penyanyi dan penulis lagu Kunto Aji dalam konferensi pers album ketiganya Pengantar Purifikasi Pikir di Gripa Studio Jakarta Selatan, Kamis (14/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa penyanyi Indonesia, yakni Nadhif Basalamah dan Kunto Aji membagikan kebiasaannya mengonsumsi konten audio selama bulan Ramadhan.

"Selama Ramadhan, aku mendengarkan lagu atau memainkan playlist yang berisi surat-surat pendek sembari menunggu waktu berbuka puasa di Spotify," kata Nadhif seperti dimuat siaran pers Spotify dilansir Antara, Jumat (15/3/2024).

Baca Juga

Kunto Aji menambahkan, playlist Ramadhan di Spotify mengiringi langkah-langkah kita dalam merayakan kebahagiaan Lebaran. "Juga membawa nuansa kehangatan dan kedamaian di setiap detiknya," kata dia.

Untuk itu, Spotify menyajikan sejumlah konten spesial Ramadhan agar dapat menghibur pendengarnya di Indonesia. Pendengar dapat mendengarkan cerita pribadi dari Nadhif Basalamah, Kunto Aji, serta artis dan kreator lainnya melalui playlist Spotify "On Aux".

Playlist ini memungkinkan artis, kreator, dan kurator untuk membuat mixtape yang terpersonalisasi, sehingga menjadikan playlist mereka lebih otentik.

Selain itu, Spotify juga menyajikan playlist  "Refleksi Diri" untuk keempat kalinya dan telah diperbarui dengan gabungan konten musik, serta podcast lokal terbaik. Playlist ini dapat ditemukan dalam Ramadan Hub, bersama dengan playlist musik Ramadhan lainnya yang sudah diperbarui dan dikurasi secara spesial, seperti "Penenang Hati", "Ketupat Lebaran", dan sebagainya.

Ramadan Hub juga menyediakan beragam konten religi yang menyentuh jiwa hingga konten hiburan ringan. Pendengar dapat menjelajahi playlist podcast yang berisi episode spesial Ramadhan, seperti Nunggu Buka, Berkah Ramadhan, The Stories by Prambors Radio, dan lainnya.

Tidak ketinggalan dengan podcast dari BKR Brothers yang tahun ini menghadirkan segmen BKR Ngaku untuk membagikan kisah pengakuan selama Ramadhan dari para pendengar. Selain itu, untuk pertama kalinya podcast Rintik Sedu dari kreator Tsana akan membuat episode spesial bertema Ramadhan. Rintik Sedu akan menghadirkan episode khusus yang relevan dengan momen refleksi di bulan Ramadhan seperti saat ini.

Pendengar juga akan mendapatkan playlist spesial Ramadhan yang dipersonalisasi bernama Your Ramadhan 2024. Playlist telah dikurasi oleh tim Editorial dan algoritma Spotify berdasarkan preferensi unik masing-masing pendengar. Ini adalah playlist Ramadhan dengan jumlah stream tertinggi di Spotify Indonesia pada 2023 lalu.