Telur Sarden Barendo, Resep Praktis dan Cocok untuk Sahur

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti

Kamis 14 Mar 2024 21:01 WIB

Ikan sarden (ilustrasi). Resep telur sarden bisa menjadi menu pilihan sahur. Foto: Flickr Ikan sarden (ilustrasi). Resep telur sarden bisa menjadi menu pilihan sahur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda sedang mencari resep menu simpel? Jika ya, resep telur sarden barendo berikut ini mungkin bisa menjadi pilihan.

Selain bahan-bahannya yang mudah, proses pembuatan telur sarden pun cukup mudah. Salah satu kreator konten Michele Alex membagikan resepnya melalui akun Instagram pribadinya, @michelealex.

Baca Juga

Telur yang dibuatnya mirip seperti telur barendo yang ada di rumah makan Padang. 

“Telur Sarden. Kayak telur barendo, tapi pake sarden. Lebih meaty, gurih, dan wangi," kata dia. 

Bahan-bahan yang diperlukan cukup praktis yakni:

-Satu kaleng sarden

-Lima bawang merah

-3 butir telur 

-1/4 sendok teh garam

-1/3 sendok teh lada putih

Cara membuat:

-Saring ikan sarden.

-Pindahkan ikan sarden ke mangkuk kemudian hancurkan dengan garpu.

-Iris bawang merah.

-Masukkan bawang merah yang telah diiris, telur, garam, dan lada ke dalam mangkuk berisi ikan sarden yang telah dihancurkan. Aduk rata.

-Panaskan minyak goreng di wajan dengan menggunakan api besar. Pastikan minyak sudah benar-benar panas, lalu tuang adonan telur. Kecilkan api menjadi sedang, masak telur sarden selama tiga menit

“Tips biar krispi dan kribo pakai api gede dan pastiin minyaknya udah benar-benar panas dulu baru tuang telurnya,” ujar.

-Balik telur sarden perlahan, lalu masak sisi satu lagi hingga matang, kering, dan garing. Angkat telur sarden, lalu sajikan.

Terpopuler