Unggah Foto Berdoa Peringati Ramadhan, Medsos Pogba Dibanjiri Komentar Netizen Indonesia

Rep: Frederikus Dominggus Bata / Red: Erdy Nasrul

Rabu 13 Mar 2024 12:45 WIB

 Paul Pogba. Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO Paul Pogba.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang Juventus, Paul Pogba mengunggah gambar dirinya sedang berdoa. Pesepak bola muslim asal Prancis itu menuliskan Ramadan Kareem di caption foto yang diunggah di instagramnya tersebut.

Ia memperingati dimulainya bulan suci umat Islam di seluruh dunia. Jutaan orang menyukai postingan Pogba. Banyak warga net asal Indonesia meramaikan kolom komentar.

Baca Juga

Sebagian besar memuji sikap eks Manchester United itu. Mereka mengaitkan dengan situasi sulit yang sedang Pogba alami. Sang gelandang dilarang bermain karena terbukti gagal tes doping. 

"Ini yang lu pada bilang dopping? Gw di pihak Pogba sih," tulis pemilik akun Haykaa01.

"Semangat bro Pogba," akun Miftah Anwar Sani, menambahkan.

"Baguslah tak main bola, boleh fokus ibadah," tulis pemilik akun Zulhilmu Yusri.

Beberapa membahas hal lain. Mereka fokus pada jamaah yang berada di belakang Pogba. Para netizen memprediksi orang tersebut berasal dari Indonesia.

"Di belakang ada orang Indonesia tu om," tulis pemilik akun poetra_tebs.

"Gua yakin bapak-bapak di belakang Pogba, orang Indonesia tuh," akun Ousburn menambahkan.

"Yang belakang bapak-bakak Cianjur," tulis pemilik akun Ahmad Fatwa.

"Belakangnya, kayaknya orang Sragen atau Wonogiri tuh," tulis pemilik akun Iman Choirul Roziqin.

Masih banyak lagi tulisan serupa. Beberapa menambahkan emoticon senyuman. Ini pertanda, komentar tersebut dibumbui candaan.

Nampaknya foto tersebut menggambarkan situasi ketika Pogba sedang berada di tanah suci umat Islam. Saat ini, juara dunia 2018 itu menjalani periode rumit dalam karier sepak bolanya. Ia sudah tidak bermain selama beberapa bulan terakhir.

Itu karena kasus doping yang menimpanya. Pengadilan Antidoping Italia memutuskan jebolan akademi United itu tak boleh merumput selama empat tahun. Pogba berencana melakukan banding lewat pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Intinya, ia merasa tidak bersalah. Zat terlarang yang ditemukan di badannya, karena bagian dari proses pemulihan cederanya. Sayangnya, Juventus tak mengetahui hal itu. Kini karier Pogba terancam tamat. Dua hari lagi, ia akan berulang tahun yang ke-31.