Selama Ramadhan, Arab Saudi Sediakan Akses Keluar-Masuk Masjidil Haram

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 12 Mar 2024 21:53 WIB

Masjidil Haram. Foto:

1

Selain Gerbang Raja Abdulaziz, Gerbang Raja Fahd, Gerbang Umrah, dan Gerbang Al-Zubair di lantai dasar, telah ditetapkan bahwa Jembatan Ajyad, Jembatan Shubaika, Jembatan Otsman, Lift Raja Fahd di lantai satu, Lift Tangga Al-Arqam, Lift Gerbang Umrah, Lift Tangga Ajyad, dan Lift Tangga Marwa di lantai dua dan atap adalah untuk masyarakat berkebutuhan khusus.

Pekan lalu, Otoritas Arab Saudi juga telah menetapkan, halaman Ka'bah di Masjidil Haram, Makkah dibatasi aksesnya hanya untuk umat Islam yang melaksanakan ibadah umroh. Ketentuan ini diumumkan menjelang Ramadhan 1445 H.

Otoritas Umum untuk Perawatan Dua Masjid Suci, yang bertanggung jawab atas Masjidil Haram di Makkah mengatakan langkah pembatasan akses di halaman Ka'bah ini dilakukan untuk menjamin keselamatan jamaah dan memungkinkan mereka untuk melakukan ibadah dengan mudah dan nyaman.

Aturan tersebut diumumkan menjelang bulan suci Ramadhan, ketika musim umroh biasanya mencapai puncaknya. Karena itu, otoritas Saudi meminta jamaah lain menggunakan tempat yang telah ditentukan saat ingin melaksanakan ibadah di Masjidil Haram.

Dalam beberapa bulan terakhir, Arab Saudi meluncurkan banyak fasilitas bagi umat Islam luar negeri untuk menunaikan umroh. Umat Muslim yang memegang berbagai jenis visa masuk seperti visa pribadi, visa kunjungan dan turis diperbolehkan melakukan umroh dan mengunjungi Ar-Raudhah Asy Syarif.

Jamaah dapat mengunjungi Raudhah atau makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi setelah memesan di e-appointment.

Terpopuler