Resep Kakiage, Cocok untuk Buka Puasa Bagi Penggemar Bakwan

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda

Selasa 12 Mar 2024 16:52 WIB

Kakiage, bakwan Jepang, kreasi chef Devina Hermawan. Foto: Dok Twitter/devinahermawan Kakiage, bakwan Jepang, kreasi chef Devina Hermawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakwan termasuk salah satu gorengan favorit banyak orang untuk makanan berbuka puasa. Sebagai variasi, kakiage juga bisa dicoba bikin di rumah.

Kakiage termasuk mudah untuk dibuat. Hidangan asli Jepang ini terdiri dari campuran sayuran dan terkadang makanan laut yang digoreng dengan adonan tempura.

Baca Juga

Dilansir Chopstick Chronicles, Selasa (12/3/2024), kakiage termasuk jenis tempura, makanan dengan adonan tepung yang digoreng dengan minyak banyak. Makanan ini juga dapat disajikan sebagai pelengkap, seperti kakiage donburi, mi kakiage soba, dan kakiage udon.

Mengenai kakiage, chef Devina Hermawan telah membuat utas resepnya melalui akun media sosial X (sebelumnya Twitter) miliknya, @hermawan_devina. Video memasaknya juga diunggah di saluran Youtube Devina Hermawan.

Dikutip dari akun X chef Devina pada Selasa (12/3/2024), untuk bahan masakan bakwan ala Jepang (kakiage sosis), Anda memerlukan satu buah wortel, satu buah bawang bombai, 50 gram horenso, dan 14 buah sosis. Kemudian, bahan tepung keringnya, yaitu 70 gram tepung terigu protein sedang yang dibubuhi seperempat sendok teh garam dan seperempat sendok teh merica.

Untuk membuat bahan tepung basahnya, Anda memerlukan 120 gram tepung terigu protein sedang, 15 gram maizena, satu butir kuning telur, dan 300 ml air es. Jangan lupa sediakan minyak untuk menggoreng kakiage sosis.

Terpopuler