Habib Ja'far Takjub Ribuan Pemain Game Free Fire Antusias Dengar Tausiah

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti

Selasa 12 Mar 2024 07:34 WIB

Habib Husein Jafar Al Hadar. Sejak beberapa tahun terakhir, pendakwah Habib Husein Bin Ja'far Al Hadar aktif menyampaikan dakwah melalui game Free Fire. Foto: Republika/Thoudy Badai Habib Husein Jafar Al Hadar. Sejak beberapa tahun terakhir, pendakwah Habib Husein Bin Ja'far Al Hadar aktif menyampaikan dakwah melalui game Free Fire.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berdakwah bisa dilakukan lewat beragam medium apa saja. Sejak beberapa tahun terakhir, pendakwah Habib Husein Bin Ja'far Al Hadar aktif menyampaikan dakwah melalui game Free Fire. Habib Ja'far mengatakan cara berdakwah itu tepat untuk menjangkau generasi muda pemain game.

"Sangat efektif karena jumlah pemain game di Indonesia 93 persen dari jumlah pengguna internet, dan pengguna internet sekitar tiga per empat dari seluruh populasi Indonesia. Ini peluang berdakwah yang besar untuk memberi edukasi positif," kata Habib Ja'far pada konferensi pers daring Free Fire Booyah Ramadhan, Senin (11/3/2024). 

Baca Juga

Penulis buku Tuhan Ada di Hatimu itu membagikan salah satu momen berkesan. Suatu ketika, Habib Ja'far diminta memberikan tausiah selama tiga sampai lima menit di acara luring Free Fire. Dia takjub melihat ribuan pemain menyambutnya dengan antusias dan menyimak muatan ceramah yang dia sampaikan dengan penuh perhatian. Waktu tausiyah itu pun berkembang hingga hampir setengah jam. 

Bersama Free Fire, Habib Ja’far menjadi salah satu sosok yang menyebarkan pesan positif tentang pentingnya tetap mengutamakan ibadah dan bermain game dengan tahu waktu selama bulan suci Ramadhan. Itu dilakukan melalui sederet kampanye dan event Free Fire Booyah Ramadhan. 

Habib Ja'far mengatakan ada baiknya gim yang dimainkan sekaligus memicu seorang Muslim untuk lebih rajin beribadah. Dengan niat untuk ibadah, bermain gim tak hanya menjadi kegiatan seru, tapi juga bisa berkontribusi bagi orang tua, masyarakat luas, bahkan bagi negara, misalnya dengan menjadi atlet e-sports.

Game Producer Free Fire Garena Indonesia, Christiandy Fransiscus, menyampaikan bahwa Free Fire menghadirkan Booyah Ramadan dengan berbagai misi dan hadiah menarik selama Ramadhan 2024. Free Fire pun kembali berkolaborasi bersama Habib Ja’far. 

Membawa pesan utama "Mabar Tau Waktu", Free Fire mengajak para pemain untuk menikmati berbagai keseruan dalam gim namun tetap menjaga keutamaan ibadah. Salah satu programnya adalah "Booyah Bisa Umrah", tiket umrah gratis bagi sejumlah pemain beruntung. 

Ada juga "Booyah Berbagi" yang mengajak pemain melakukan donasi in-game yang kemudian disalurkan menjadi sedekah berupa renovasi tempat tinggal anak-anak di Panti Asuhan Harapan Firdaus di kawasan Cigelung, Bogor. Ada juga bundle spesial Ramadhan dan Lebaran serta presiasi bagi para pemain yang menyetorkan hafalan Alquran. 

"Melalui berbagai campaign ini, Free Fire berharap bisa menyebarkan pesan positif.Kami percaya bahwa bermain game tidak harus mengganggu waktu ibadah. Game bisa menjadi wadah berbuat baik dan berbagi kebaikan," ujar Christiandy.