Meski Hujan, Muslim Bandarlampung Ramai Sholat Tarawih Pertama di Masjid

Red: Ani Nursalikah

Senin 11 Mar 2024 22:50 WIB

Jamaah sedang melaksanakan ibadah shalat tarawih pertama di Masjid Agung Al Furqon Bandarlampung. Senin malam (11/3/2024). Foto: ANTARA/Dian Hadiyatna Jamaah sedang melaksanakan ibadah shalat tarawih pertama di Masjid Agung Al Furqon Bandarlampung. Senin malam (11/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Warga Bandarlampung, khususnya umat Islam tetap ramai datang ke masjid dan mushala untuk melaksanakan sholat isya dan tarawih pertama di bulan Ramadhan meski hujan sempat mengguyur, Senin (11/3/2024).

Berdasarkan pantauan di sejumlah masjid dan mushala, masyarakat terlihat datang baik berjalan kaki maupun menaiki kendaraan menuju lokasi ibadah bersama sanak saudara termasuk di Masjid Agung Al Furqon Kota Bandarlampung.

Baca Juga

"Ini adalah tarawih pertama memasuki bulan puasa besok, jadi apapun kita sebagai umat Islam harus ke masjid meskipun hujan," kata warga Bandarlampung Riki.

Menurutnya, di bulan yang penuh berkah ini, umat Islam harus menjalankan ibadah dengan penuh semangat guna memperbanyak pahala di dalamnya dengan perbuatan-perbuatan yang terpuji.

"Jangan sampai semangat di awal tetapi kendur di akhir," kata dia.

Warga Bandarlampung lainnya, Arsani mengungkapkan ia datang ke Masjid Agung Al Furqon bersama anak-anaknya guna menjalankan ibadah sholat isya dan tarawih berjamaah.

"Tidak apa-apa meski hujan tetap bisa pakai payung ke sini. Datang bersama anak, sekaligus untuk mengajarinya menghargai bulan Suci Ramadhan dengan memperbanyak ibadah," kata dia.

Pada sholat tarawih pertama di Masjid Al Furqon juga terlihat sejumlah personel kepolisian berjaga dan mengatur arus lalu lintas di sekitar halaman masjid. Kemudian, sejumlah personel Satpol PP juga ikut menjaga keamanan dan kekhusyukan ibadah.

Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1445 Hijriyah/2024 Masehi jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.