KAI Perbolehkan Penumpang Makan dan Minum Saat Waktu Berbuka Puasa

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Bilal Ramadhan

Senin 11 Mar 2024 17:12 WIB

Penumpang saat menaiki KRL di Stasiun Tanah Abang, Jakarta. KAI memperbolehkan penumpang untuk makan dan minum saat waktu berbuka puasa. Foto: Republika/Putra M. Akbar Penumpang saat menaiki KRL di Stasiun Tanah Abang, Jakarta. KAI memperbolehkan penumpang untuk makan dan minum saat waktu berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KAI Commuter memberlakukan aturan khusus kepada pengguna selama bulan Ramadhan ini. Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan perusahaan memperbolehkan para penumpang untuk makan dan minum di dalam KRL saat memasuki waktu untuk berbuka puasa.

"Di dalam perjalanan menggunakan commuter line, para pengguna diperbolehkan untuk membatalkan puasanya dengan makanan dan minuman ringan hingga satu jam setelah waktu berbuka puasa di dalam kereta," ujar Anne dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (11/3/2024).

Baca Juga

Anne menyampaikan petugas juga akan menginformasikan waktu untuk berbuka puasa baik di dalam perjalanan maupun di area stasiun. Anne mengatakan KAI Commuter mengimbau penumpang berbuka dengan makanan dan minuman ringan secara tidak berlebihan, serta menghindari juga makanan atau minuman yang berbau menyengat untuk kenyamanan.

"KAI Commuter juga menyediakan fasilitas water station atau dispenser air minum gratis yang bisa dinikmati oleh seluruh pengguna," ucap Anne.

Anne menyampaikan fasilitas tersebut saat ini tersedia di Stasiun Juanda, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Bekasi. Pengguna juga bisa isi ulang air minum dengan menggunakan botol minum sendiri.

"KAI Commuter mengimbau pada saat berbuka puasa tetap disiplin menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama dengan tidak membuang sampah sembarangan di dalam kereta maupun di area stasiun," sambung Anne.

Anne mengatakan KAI Commuter mengajak para pengguna commuterline untuk senantiasa menjalankan aturan dan syarat naik commuterline yang sudah ditetapkan agar perjalanan agar bisa lebih aman, sehat, dan nyaman. Selama bulan ramadhan, ucap Anne, operasional pelayanan perjalanan Commuter Line Jabodetabek dan Yoyakarta-Solo tetap berjalan normal. 

Anne mengatakan KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.061 perjalanan tiap hari mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB tiap harinya di Jabodetabek, dan pelayanan Commuter Line Bandara Soetta sebanyak 56 perjalanan tiap harinya. Sedangkan Commuter Line Yogyakarta-Palur sebanyak 24 perjalanan tiap hari dan Commuter Line Prameks sebanyak delapan perjalanan tiap harinya.

"KAI Commuter juga terus mengimbau kepada seluruh pengguna dalam menggunakan commuter line untuk selalu mengikuti aturan-aturan yang berlaku dan selalu menghormati pengguna lainnya," kata Anne.