Adab Melaksanakan Sholat Tarawih di Bulan Puasa Ramadhan

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Senin 11 Mar 2024 13:20 WIB

Jamaah melaksanakan shalat tarawih di Masjid Raya Uswatun Hasanah, Jakarta Barat, Ahad (10/3/2024). Jamaah muslim Muhammadiyah melaksanakan shalat tarawih pada malam ini, Ahad (10/3/2024) dan menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah pada Senin (11/3/2024). Sementara, Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah pada Selasa (12/3/2024). Foto:

1

Ulama lain menambahkan adab sholat Tarawih. Di antaranya berwudhu dari rumah, kemudian berangkat ke masjid untuk melaksanakan sholat berjamaah.

حَدَّثَنِي إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ أَخْبَرَنَا زَكَرِيَّاءُ بْنُ عَدِيٍّ أَخْبَرَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ يَعْنِي ابْنَ عَمْرٍو عَنْ زَيْدِ بْنِ أَبِي أُنَيْسَةَ عَنْ عَدِيِّ بْنِ ثَابِتٍ عَنْ أَبِي حَازِمٍ الْأَشْجَعِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالْأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

Abu Hurairah Radhiyallahu anhu berkata Rasulullah SAW bersabda, "Siapapun bersuci di rumahnya, kemudian berjalan ke salah satu rumah Allah (masjid) untuk melaksanakan kewajiban yang Allah tetapkan, maka kedua langkahnya, yang satu menghapus kesalahan dan satunya lagi meninggikan derajat." (HR Imam Muslim)

Termasuk adab melaksanakan Tarawih adalah datang lebih awal ke masjid agar bisa melaksanakan sholat sunnah tahiyatul masjid sebelum melaksanakan sholat Isya berjamaah dilanjutkan sholat Tarawih berjamaah. Datang lebih awal ke masjid juga agar bisa menempati barisan atau shaf pertama saat sholat Isya dan Tarawih berjamaah karena menempati shaf pertama saat sholat berjamaah memiliki keutamaan.

Terpopuler