Begini Cara Manfaatkan Ramadhan dengan Baik

Red: Erdy Nasrul

Senin 11 Mar 2024 04:43 WIB

Jamaah melaksanakan shalat tarawih di Masjid Raya Uswatun Hasanah, Jakarta Barat, Ahad (10/3/2024). Jamaah muslim Muhammadiyah melaksanakan shalat tarawih pada malam ini, Ahad (10/3/2024) dan menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah pada Senin (11/3/2024). Sementara, Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah pada Selasa (12/3/2024). Foto: Republika/Thoudy Badai Jamaah melaksanakan shalat tarawih di Masjid Raya Uswatun Hasanah, Jakarta Barat, Ahad (10/3/2024). Jamaah muslim Muhammadiyah melaksanakan shalat tarawih pada malam ini, Ahad (10/3/2024) dan menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah pada Senin (11/3/2024). Sementara, Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah pada Selasa (12/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara mengimbau seluruh elemen agar menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

Sekretaris Daerah Mubar LM Husein Tali, Ahad, mengatakan, dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan diperlukan suasana aman dan nyaman. Karena itu sangat penting bagi semua pihak untuk menciptakan dan menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing.

Baca Juga

"Terkait keamanan dan ketertiban ini kita sudah mengimbau seluruh kepala desa dan kepala lurah untuk menjaga lingkungan masing-masing. Termasuk kebersihan lingkungan juga diperhatikan," terangnya.

Husein Tali mengatakan selain menjaga kamtibmas, pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat di daerah itu agar mengisi Ramadhan dengan kegiatan yang religius.

Dalam menjalankan berbagai aktivitas Ramadhan diutamakan ukhuwah Islamiah, sehingga terjalin hubungan yang harmonis dan dalam suasana kekeluargaan.

"Mari kita menyambut dan mengisi kegiatan Ramadhan dengan penuh suasana religius. Kita tinggalkan perbedaan, kita kedepankan ukhuwah Islamiah dalam melaksanakan berbagai aktivitas Ramadhan seperti puasa, shalat tarawih, tadarus, sedekah, zakat, dan berdoa agar semua kita akan mendapatkan taqwa," pintanya.

Dia menambahkan, ihwal menyambut Ramadhan ini Pemkab Mubar secara resmi sudah mengeluarkan imbauan kepada Kantor Kementerian Agama Mubar, seluruh organisasi perangkat daerah, seluruh camat dan semua kepala desa dan kepala lurah.

Isi imbauan memuat lima hal pokok, yakni menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing, membersihkan lingkungan masing-masing, dan kepada camat untuk membentuk tim safari Ramadhan serta kepala desa dan kepala lurah membentuk tim safari desa dan kelurahan.

"Yang lain yaitu demi kenyamanan bagi yang melaksanakan salat tarawih agar masyarakat tidak membunyikan petasan di sekitar masjid. Yang terakhir, untuk semaraknya suasana Ramadhan 1445 Hijriah diharapkan memasang spanduk ucapan Marhaban Ya Ramadhan di masjid, di kantor-kantor dan tempat umum lainnya," tuturnya.

Terpopuler