Kepada Para Santri di Pekanbaru, Dokter Beri Tips Jaga Kesehatan Gigi

Red: Fuji Pratiwi

Ahad 10 Mar 2024 22:50 WIB

Santri melakukan pemeriksaan gigi (ilustrasi) Foto: Dok Republika Santri melakukan pemeriksaan gigi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Sebanyak 700-an santri Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar Pekanbaru Provinsi Riau mendapatkan edukasi menjaga kesehatan gigi dan mulut menjelang Ramadan 1445 H.

Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Pekanbaru drg Harvandy Anwir menyampaikan sejumlah tips guna menjaga kesehatan gigi dan mulut di bulan Ramadhan. Ia mengingatkan pentingnya menyikat gigi dan tidak lupa juga menyikat lidah setelah sahur dan sebelum tidur saat pulang tarawih.

Baca Juga

Hal lainnya, seperti tetap rajin mengonsumsi air putih, buah-buahan dan mengurangi asupan makanan manis untuk menjaga keutuhan gigi sampai usia dewasa. "Jangan lupa untuk melakukan kontrol ke dokter gigi sebelum memasuki bulan Ramadhan, agar lebih siap memasuki bulan suci dengan lebih sehat," kata Harvandi dilansir Antara, Ahad (10/3/2024).

Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar Pekanbaru Ustadz Ali Muhlisin menyambut baik inisiatif para dokter gigi datang ke pesantren sehingga para santri memperoleh wawasan yang lebih baik dalam hal menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kegiatan edukasi semacam ini berguna bagi santri. "Terutama kebiasaan menggosok gigi yang benar yang akan dibawa pulang saat mereka kembali ke rumah menjelang Idul Fitri," kata Ustadz Ali.

Salah satu santri kelas 1 SMA Al-Kautsar Arkan Zaky Novriza mengaku senang dapat mengikuti program ini. Ia berharap kegiatan serupa akan kembali digelar dengan suasana lebih meriah.

"Setelah ikut sesi sikat gigi bersama, saya akan berusaha untuk mengaplikasikan di keseharian saya dan menyampaikan pengalaman baik ini kepada teman dan keluarga saya di rumah nanti," kata Arkan.