Doa-Doa Menjelang Masuk Bulan Ramadhan 

Rep: Mgrol150/ Red: Muhammad Hafil

Ahad 10 Mar 2024 18:51 WIB

Seorang Muslim sedang berdoa menjelang Ramadhan (ilustrasi). Foto: Dok. Freepik Seorang Muslim sedang berdoa menjelang Ramadhan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam hitungan hari akan memasuki bulan suci Ramadhan. Untuk menyambut bulan suci Ramadhan, setiap umat muslim dapat mengerjakan amalan – amalan khusus seperti membaca doa menjelang Ramadhan.

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, terdapat doa – doa yang dapat dibaca menjelang Ramadhan. Seperti yang tertulis dalam Hadits Riwayat Tirmidzi, berikut bacaan doa yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW,

Baca Juga

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ رَبِّى وَرَبُّكَ اللَّهُ

Arab Latin: Allohumma ahillahu 'alayna bilyumni wal iman, wassalamati, wal islam robbii wa robbukalloh.

Artinya: “Ya Allah, tampakkanlah bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu (wahai bulan sabit) adalah Allah.”

“Atau dalam fase ingin melihat langsung rakyatul hilal. Maka menjelang untuk melakukan itu, baca doa tersebut," kata Ustadz Adi Hidayat, dikutip dari akun Youtube pribadinya, Adi Hidayat Official, Ahad (10/3/2024).

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, bahwa doa tersebut dapat dibacakan saat akan masuk bulan suci Ramadhan atau pada saat mulai melihat hilal.

Dalam menyambut bulan Ramadhan, ada juga doa – doa yang dapat dibacakan jauh hari sebelum Ramdhan seperti saat masih menginjak bulan Rajab atau Syaban berdasarkan Hadits Riwayat Ahmad,

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami di dalam bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan."

Terdapat doa juga dari Yahya bin Abi Katsir,

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً

Artinya: "Ya Allah, selamatkan aku hingga sampai Ramadhan, dan selamatkan Ramadhan untukku, dan terimalah Ramadhan dariku dengan benar-benar diterima."

Terdapat doa khusus juga yang dapat dibaca oleh umat muslim ketika berhasil melihat hilal Ramadhan, menurut Hadits Riwayat Ahmad,

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلَامِ، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah bulan Ramadhan ini 'membawa' keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman bagi kami. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, wahai bulan petunjuk dan kebaikan." 

Terpopuler