Si Kecil Tahun Ini Perdana Puasa? Ini Tips Agar Berjalan Lancar

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha

Selasa 05 Mar 2024 12:44 WIB

Anak menunggu beduk buka puasa (ilustrasi). Foto: republika/ yogi ardhi Anak menunggu beduk buka puasa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengajarkan anak-anak tentang puasa sejak dini merupakan langkah penting yang dapat memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter mereka di masa depan. Namun, bagi anak yang pertama kali menjalani puasa, tantangan untuk menahan lapar, haus, dan emosi negatif bisa menjadi sulit.

Orang tua perlu mendampingi mereka dengan bijaksana selama proses tersebut. Dilansir NU Online pada Selasa (5/3/2024), berikut adalah lima tips yang dapat dilakukan orang tua untuk mendampingi anak mereka dalam menjalani puasa pertama kali.

Baca Juga

1. Strategi Paruh Waktu

Mulailah dengan memberikan anak pengalaman berpuasa secara bertahap dengan strategi paruh waktu. Ajarkan mereka untuk berpuasa hingga waktu Dzuhur atau Ashar terlebih dahulu. Tidak perlu memaksakan anak untuk berpuasa penuh sejak awal. Biarkan mereka terbiasa dan bertahap menyesuaikan diri dengan pola puasa.

2. Kenalkan Kegiatan Puasa

Perkenalkan kegiatan puasa kepada anak dengan cara yang menyenangkan dan bermakna. Dengan menunjukkan contoh kegiatan sahur, berbuka, dan ibadah lainnya secara langsung, anak akan lebih mudah memahami dan menirunya.

Alihkan perhatian....

 

Terpopuler