Jangan Disepelekan, Begini Jurus Atur Tidur Berkualitas Selama Ramadhan

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 02 Mar 2024 06:05 WIB

Untuk pertama kalinya, West End London diwarnai dengan gemerlap 30 ribu lampu, sebagai tanda dimulainya bulan suci Ramadhan. Coventry Street, yang menghubungkan Leicester Square dengan Piccadilly, diterangi tulisan Happy Ramadan, Rabu (22/3/2023). Foto:

1

Optimalkan sahur untuk energi siang hari

Para ahli mengatakan sahur memerlukan porsi yang strategis untuk mencegah gangguan pencernaan. Misalnya, dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur.

“Pilihlah karbohidrat kompleks, protein, serta buah dan sayuran yang menghidrasi. Hindari makanan berat, berminyak, atau berkafein yang dapat mengganggu tidur Anda,” ujar Badiani.

Yahaya merekomendasikan porsi kecil buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, ditambah asupan kafein dan gula yang hati-hati untuk mencegah penurunan energi. Mempersiapkan bahan-bahan terlebih dahulu dan menghidrasi secara bertahap sepanjang hari semakin mendukung istirahat restoratif selama Ramadhan.

Dia menambahkan: “Untuk tips tambahan carilah cahaya di pagi hari: Sesegera mungkin setelah sholat Subuh, biarkan diri Anda terkena sinar matahari alami. Ini membantu mengatur siklus tidur-bangun Anda dan meningkatkan kewaspadaan sepanjang hari. Selain itu, pertahankan jadwal tidur yang konsisten di akhir pekan, jangan tidur terlalu larut pada hari-hari di luar puasa karena dapat mengganggu jadwal tidur Anda selama sisa Ramadhan.”

Terpopuler