Jangan Disepelekan, Begini Jurus Atur Tidur Berkualitas Selama Ramadhan

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 02 Mar 2024 06:05 WIB

Untuk pertama kalinya, West End London diwarnai dengan gemerlap 30 ribu lampu, sebagai tanda dimulainya bulan suci Ramadhan. Coventry Street, yang menghubungkan Leicester Square dengan Piccadilly, diterangi tulisan Happy Ramadan, Rabu (22/3/2023). Foto:

1

Dia menyarankan perencanaan tidur yang selaras dengan buka puasa, sahur, dan bekerja. Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari.

Menurut Duque-Udani, kurang tidur selama Ramadhan dapat mengganggu regulasi hormonal nafsu makan. Oleh karena itu, disarankan untuk menyusun strategi dan menyiapkan rencana tidur sebelum Ramadhan.

Strategi dan rencana tidur selama Ramadhan

“Pastikan lingkungan tidur Anda kondusif untuk istirahat dengan meminimalkan kebisingan dan menjaga kegelapan, pertimbangkan untuk menggunakan masker mata agar tidur tidak terganggu. Tubuh dan pikiran yang cukup istirahat meningkatkan konsentrasi dan tingkat energi sepanjang hari,” tuturnya.

Ahli Diet Munawara Yahaya dari Nabta Health menyarankan menyesuaikan jadwal tidur selama Ramadhan agar tubuh tidak kaget, maka mulai dari yang kecil. Misalnya, daripada begadang hingga pukul 2 pagi, mulailah dengan tidur satu jam lebih awal dan bangun sedikit lebih awal untuk sahur.

“Secara bertahap ubah jadwal tidur Anda mendekati waktu Ramadhan,” kata Yahaya.

Sementara itu, Badiani menyarankan untuk membuat rutinitas sebelum tidur yang memberi sinyal pada tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk bersantai.

Ini dapat mencakup aktivitas seperti membaca...

Terpopuler