Kemenag Kalsel Siap Jalankan Program Ngaji Kebangsaan Selama Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Rabu 28 Feb 2024 20:16 WIB

Ilustrasi Mengaji Foto: Republika/Mardiah Ilustrasi Mengaji

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Tambrin menyampaikan siap menyelenggarakan program mengaji kebangsaan di bulan suci Ramadhan 1445 H atau 2024.

 

Baca Juga

Dia mengungkapkan program ngaji kebangsaan ini merupakan kebijakan yang dikeluarkan Kementerian Agama RI dalam penyelenggaraan ibadah puasa dan Idul Fitri 1445 H.

 

"Program ngaji kebangsaan ini bertema 'Beda tapi Bersaudara' Pak menteri menyampaikan program ini pada sidang Kabinet Paripurna Senin 26 Februari 2024," ujar Tambrin, Rabu (28/2/2024).

 

Dia pun memastikan program ini akan dilaksanakan di setiap kantor wilayah, termasuk di Kalsel pada bulan Ramadhan menjelang berbuka puasa.

 

"Melalui program ini akan mengundang tokoh lintas agama, ormas keagamaan dan media-media lokal untuk melakukan buka puasa bersama dalam rangka memperkuat hubungan silaturrahim serta rekonsiliasi pasca Pemilu 2024," ujarnya.

 

Tambrin selanjutnya menerangkan, dalam kebijakan Kementerian Agama RI tersebut juga tertuang tentang berbagai program lainnya termasuk juga tentang pelaksanaan sidang isbat menentukan awal masuknya bulan Ramadhan dan awal bulan Syawal atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

 

"Termasuk juga himbauan menghadapi potensi perbedaan awal Ramadhan 1445 H, kegiatan syiar Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H, surat edaran tentang pedoman penyelenggaraan ibadah di bulan Ramadhan dan Idul Fitri serta Ramadhan Roadshow Pesantren," ujarnya.

 

Dia memastikan Kanwil Kemenag Kalsel dan Kemenag 13 kabupaten/kota siap mendukung, melaksanakan dan mensosialisasikan serta mensukseskan kebijakan tersebut. Dia pun menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mendukung program ini dan hadir di setiap kegiatannya, karena ini salah satu kegiatan yang bernilai pahala.

"Selain itu mari kita bersama-sama menjaga keamanan, kelancaran dan kedamaian di bulan Ramadhan ini," katanya.

Terpopuler