Marhaban Ya Ramadhan: Lakukan Empat Persiapan Ini Menyambut Puasa

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 28 Feb 2024 10:19 WIB

 Seorang wanita Palestina melewati dekorasi penerangan di kota tua Yerusalem pada awal bulan suci Ramadhan, di Yerusalem,  Kamis (23/3/2023). Foto: EPA-EFE/ATEF SAFADI Seorang wanita Palestina melewati dekorasi penerangan di kota tua Yerusalem pada awal bulan suci Ramadhan, di Yerusalem, Kamis (23/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Sya’ban akan segera berakhir dan bulan Ramadhan segera tiba. Semoga kita semua dipertemukan dengan bulan yang mulia ini, bulan yang penuh rahmat dan keberkahan.

Bulan Ramadhan adalah bulannya Allah swt karena di dalamnya terdapat curahan rahmat, lautan ampunan, dan jaminan dari Allah sebagai bulan pembebasan dari siksa api neraka.

Baca Juga

Sebagaimana disebutkan dalam hadits kudsi, tentang keutamaan Ramadhan.

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ  

“Semua amalan manusia adalah miliknya, kecuali puasa, karena ia adalah milik-Ku, dan Aku sendirilah yang akan memberikan balasannya.”

Hadits ini menegaskan betapa istimewanya bulan Ramadhan dan sungguh Nabi saw selalu berdoa dari jauh-jauh hari agar dapat berjumpa dengan bulan Ramadhan.

“Sesungguhnya Nabi saw selalu berdoa (agar Allah berkenan) menyampaikan dirinya pada bulan Ramadhan. Maka, apabila bulan Rajab telah datang, beliau berdoa: Ya Allah, berkatilah Kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan.” (HR  Thabrani).

Dikutip dari buku Setetes Embun Hikmah Ramadhan karya Sunhaji Hadi Mustofa, menjelang Ramadhan tiba, Rasulullah Saw bersabda kepada para sahabatnya, "Sungguh, Ramadhan telah datang, dan ia adalah penghulu segala bulan (sayyid asy-syuhur). la datang membawa berkah, maka sambutlah ia (fa marhaban bih)."

Perhatian Nabi Muhammad terhadap Ramadhan...