Pemkab Tapin Gelar Pasar Ramadhan Dongkrak Ekonomi Pedagang Kuliner

Red: Ani Nursalikah

Selasa 27 Feb 2024 20:21 WIB

Seorang pekerja membangun lapak Pasar Ramadhan yang diinisiasi Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan di Rantau, Selasa (27/2/2024). Foto: ANTARA/Muhammad Fauzi Fadilah Seorang pekerja membangun lapak Pasar Ramadhan yang diinisiasi Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan di Rantau, Selasa (27/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TAPIN -- Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan menggelar Pasar Ramadhan selama sebulan penuh untuk meningkatkan perekonomian para pedagang kuliner.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin Sugian Noor mengatakan menyediakan lapak secara gratis bagi para pedagang kuliner selama gelaran Pasar Ramadhan.

Baca Juga

"Proses pembangunan Pasar Ramadhan sudah mencapai 50 persen, kita pastikan selesai tepat waktu," ujar Sugian di Rantau, Kabupaten Tapin, Selasa (27/2/2024).

Sugian menuturkan lokasi Pasar Ramadhan berada di Lapangan Dwi Dharma Rantau yang menjadi salah satu kawasan sentral aktivitas penduduk Tapin. Sugian mengatakan lokasi ini dipastikan membuat pedagang dan pengunjung nyaman untuk bertransaksi pada saat Ramadhan.

"Ada 30 lapak gratis yang kita sediakan untuk para pedagang kuliner Tapin," ujarnya.

Pada 2023, dikatakan dia, para pedagang kuliner ini setiap hari bisa mendapatkan untung sekitar Rp 200 ribu-Rp 300 ribu per hari.

Selebihnya, Kepala Dinas Perdagangan Tapin ini berharap pasar ini bisa berdampak baik untuk para pedagang dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat Tapin berburu kuliner saat Ramadhan. "Semoga Ramadhan ini menjadi berkah untuk semua orang, khususnya para pedagang kuliner," ujarnya.

Pemkab Tapin menggelontorkan dana sebesar Rp 2 miliar untuk mensubsidi pasar murah pada Ramadhan sebagai upaya menekan peningkatan harga pangan dan membantu masyarakat.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin kembali mengatakan pasar murah ini sudah di mulai dari Kecamatan Tapin Selatan setelah itu dalam waktu dekat ke Kecamatan Tapin Utara.

"Menjelang Ramadhan, yang sudah terjadwal tanggal 4 Maret di Kecamatan Tapin Utara. Untuk kecamatan yang lain akan dilanjutkan setelah Ramadhan karena saat ini kita akan fokus pada pasar Ramadhan yang bakal digelar," ujarnya.

Terpopuler