Tilawah Alquran, Bekal Memasuki Bulan Ramadhan

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 24 Feb 2024 07:34 WIB

Warga membaca Alquran di Masjid Cut Meutia, Jakarta. Foto: Republika/Thoudy Badai Warga membaca Alquran di Masjid Cut Meutia, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan 1445 Hijriyah jatuh pada 12 Maret 2024 berdasarkan Kalender Hijriyah Indonesia. Amalan apa saja yang harus dipersiapkan selama bulan suci tersebut?

Terkait hal tersebut, apa yang dikerjakan generasi salaf pada bulan Ramadhan bisa menjadi contoh. Dapat dikatakan, generasi salaf terdahulu tidak membiarkan sedetik pun waktu di bulan Ramadhan terbuang sia-sia. Setiap waktu mereka meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dengan amal ibadah.

Baca Juga

Misalnya, Imam Qatadah bin Da'imah As-Sadusi, atau yang dikenal sebagai Imam Qatadah, yang mengisi kesehariannya selama Ramadhan dengan membaca Alquran. Jika di luar bulan Ramadhan, Imam Qatadah biasa mengkhatamkan bacaan Alquran selama tujuh hari.

Adapun di bulan Ramadhan, waktu pelaksanaan tilawah Alquran yang dilakukan oleh Imam Qatadah hingga khatam hanya tiga hari. Dengan demikian, setiap tiga hari, ia menyelesaikan satu kali khataman bacaan Alquran.

Sementara pada 10 hari terakhir Ramadhan, amal ibadah Imam Qatadah semakin ditingkatkan. Selama 10 hari terakhir Ramadhan, Imam Qatadah biasa mengkhatamkan bacaan Alquran di setiap malamnya.

Generasi salaf terdahulu sudah...