Kakorlantas: 600 Ribu Kendaraan Belum Kembali ke Jabodetabek

Red: Bilal Ramadhan

Jumat 28 Apr 2023 14:00 WIB

Antrean kendaraan di Gerbang Tol Merak, Cilegon, Banten. Kakorlantas Polri sebut sebanyak 600 ribu kendaraan belum kembali ke Jabodetabek. Foto: Republika/Thoudy Badai Antrean kendaraan di Gerbang Tol Merak, Cilegon, Banten. Kakorlantas Polri sebut sebanyak 600 ribu kendaraan belum kembali ke Jabodetabek.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG -- Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi mengungkapkan, hingga kini sekitar 600 ribu kendaraan belum kembali ke DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bekasi) selama arus balik Lebaran hingga Jumat.

"Sampai tadi malam kita dapatkan data 600 sekian ribu yang masih belum kembali dari empat arah, dari Cikupa dan yang ada di wilayah timur," kata dia saat ditemui di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan.

Baca Juga

Firman mengemukakan, pihaknya belum menemukan adanya aktivitas arus balik yang tinggi di beberapa ruas tol. Karena itu, dia memperkirakan mayoritas dari 600 ribu kendaraan itu pulang pada gelombang arus balik kedua, yakni 30 April mendatang.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah menyiapkan personel hingga skema one way di tol jika diperlukan. "Pasukan kita tetap siaga. Kita perkuat di jalur arteri dan jalan tol," kata dia.

Dia juga mengimbau kepada para pengendara agar tertib dan tidak saling memperebutkan jalur yang dapat memicu kemacetan. PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) merilis data terbaru jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Pulau Jawa menggunakan jalur laut dari Sumatra.

Berdasarkan data H+4, tercatat ada 183.808 kendaraan masuk ke Pulau Jawa dari Sumatra. Jumlah tersebut terdiri dari roda empat 108.347, 45.284 roda dua, 6.957 bus, dan 23.220 truk.

Terpopuler