31 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Kalikangkung dari Pagi Hingga Petang

Red: Ani Nursalikah

Kamis 27 Apr 2023 22:21 WIB

Kendaraan pemudik saat arus balik terpantau lancar di Jalan Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (25/4/2023). 31 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Kalikangkung dari Pagi Hingga Petang Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kendaraan pemudik saat arus balik terpantau lancar di Jalan Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (25/4/2023). 31 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Kalikangkung dari Pagi Hingga Petang

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pos pengamanan gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah mencatat 31.704 kendaraan yang mengarah ke barat atau Jakarta melintas masuk sejak Kamis pagi hingga petang (27/4/2023).

Peningkatan arus kendaraan saat pemberlakuan perpanjangan jalur satu arah tersebut sudah terjadi sejak pukul 06.00 WIB dibanding beberapa jam sebelumnya.

Baca Juga

Arus kendaraan yang melintas semakin bertambah pada siang hari hingga mencapai lebih dari tiga ribu kendaraan per jam pada sekitar pukul 12.00 hingga 16.00 WIB. Arus sedikit mengalami penurunan menjelang petang hari dengan rata-rata kendaraan melintas sekitar 2.400 unit per jam.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Agus Suryonugroho mengatakan pemberlakuan jalur satu arah tersebut disebabkan oleh masih adanya arus kendaraan yang akan masuk ke gerbang Kalikangkung sejak Rabu (26/4/2023).

Menurut dia, dengan pemberlakuan jalur satu arah, arus kendaraan di jalur tol maupun non-tol tetap terkendali. Puncak arus balik dari Tol Kalikangkung menuju arah barat atau Jakarta, kata Agus, sudah terjadi pada H+2 Lebaran lalu.

Berdasarkan data kendaraan yang masuk ke gerbang Tol Kalikangkung dari arah barat saat arus mudik, jumlahnya tercatat mencapai 397 ribu unit. Dari jumlah tersebut, baru sekitar 47 persen yang kembali ke arah barat saat arus balik ini.