H+5 Lebaran, Jasa Marga Masih Terapkan One Way Tol Semarang-Jakarta

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Kamis 27 Apr 2023 10:34 WIB

Kendaraan pemudik saat arus balik terpantau lancar di Jalan Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah. PT Jasa Marga memperpanjang rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way di Tol Jakarta-Semarang arah barat seiring lalu lintas arus balik yang masih cukup tinggi. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kendaraan pemudik saat arus balik terpantau lancar di Jalan Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah. PT Jasa Marga memperpanjang rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way di Tol Jakarta-Semarang arah barat seiring lalu lintas arus balik yang masih cukup tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- PT Jasa Marga memperpanjang rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way di Tol Jakarta-Semarang arah barat seiring lalu lintas arus balik yang masih cukup tinggi.

Corporate Communications Jasa Marga, Lisye Octaviana, menuturkan, perpanjangan sistem one way berdasarkan data volume lalu lintas kendaraan yang masih meningkat dari arah Timur (Trans Jawa) menuju ke arah Jakarta, pantauan visual CCTV dan laporan petugas Kepolisian di lapangan, serta prediksi peningkatan lalu lintas yang masih akan berlanjut hingga hari ini.

Adapun saat ini one way diberlakukan dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai KM 72 Cikampek. Selain one way, juga masih diberlakukan contraflow dua lajur dari KM 72 Cikampek sampai KM 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

"Perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan akan berakhir pada Kamis, 27 April 2023, pukul 24.00 WIB," katanya dalam pernyataan resmi diterima Republika.co.id, Kamis (27/4/2023).

Namun, ia menjelaskan, apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari arah Timur ke Jakarta, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way.

Untuk pengguna jalan dari arah Jakarta menuju arah Timur (Trans Jawa) akan dialihkan keluar di GT Cikampek KM 72 dan melanjutkan perjalanannya melalui jalan nasional Pantura. Sementara itu, untuk rute pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Bandung melalui Jalan Tol Cipularang masih berlaku normal.

"Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan perbekalan, saldo e-toll dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman," katanya.

Siapkan pula saldo e-toll minimal Rp 500.000 untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama.

Pada periode arus balik, Jasa Marga bersama Badan Usaha Jalan Tol lainnya juga akan memberikan diskon tarif 20 persen untuk Jalan Tol Trans Jawa.

Diskon ini berlaku untuk perjalanan menerus dari Semarang sampai Jakarta, dengan melakukan tap in di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan tap out di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Besaran tarif setelah diskon adalah Rp 297.600 untuk kendaraan golongan I dari Rp 372 ribu.

Sementara itu, Jasa Marga juga memberikan diskon 20 persen bagi pengguna jalan dari/menuju arah Bandung untuk tarif tol terjauh Jakarta-Cikampek di GT Kalihurip Utama yaitu sebesar Rp 16.000 untuk kendaraan golongan I dari semula Rp 20 ribu.

Diskon 20 persen untuk periode arus balik ini akan mulai diberlakukan pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.