Angkasa Pura I Layani Dua Juta Penumpang Selama Mudik Lebaran 2023

Red: Erdy Nasrul

 Rabu 26 Apr 2023 05:12 WIB

Sejumlah calon penumpang pesawat antre untuk lapor diri di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (19/4/2023). PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta memprediksi puncak arus mudik lewat bandara Soetta terjadi mulai H-3 atau Rabu (19/4) dengan pergerakan pesawat yang terjadwal mencapai 1.138 penerbangan dengan total penumpang 164.575 hingga H-1 atau Jumat (21/4).  Foto: Antara/Muhammad Iqbal Sejumlah calon penumpang pesawat antre untuk lapor diri di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (19/4/2023). PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta memprediksi puncak...

Angkasa Pura I memaksimalkan pelayanan mudik dan arus balik lebaran 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Sebanyak dua juta penumpang dilayani 15 bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I selama masa mudik Lebaran pada 14-24 April 2023.

"Kami memonitor secara khusus di pos angkutan Lebaran yang ada di setiap bandara. Pada 14-24 April 2023 tercatat kami mengangkut 2.160.694 penumpang," ungkap Direktur Utama PT Angkasa Pura (Dirut AP) I Faik Fahmi di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Barat, Selasa (26/4/2023).

Baca Juga

Menurut Faik, jika dibandingkan pada tahun 2022 terjadi peningkatan 30 persen. Tapi kalau dibandingkan pada 2019 atau sebelum Covid-19, jumlah itu masih kurang 12 persen.

"Itu karena jumlah pesawat yang dioperasikan maskapai tidak sebanyak tahun 2019. Saat itu ada 650 pesawat untuk melayani rute domestik. Pada periode Lebaran 2023 penumpang hanya dilayani 420 pesawat," jelas Faik.

Penumpang dari Balikpapan atau Bandara Sepinggan mencapai jumlah keempat terbanyak setelah penumpang yang terlayani di Bandara Ngurah Rai Denpasar, Bali, Juanda Surabaya, dan Sultan Hasanuddin Makassar.

Faik Fahmi dalam kunjungan kerja melihat langsung pelayanan penumpang di Bandara Sepinggan untuk memastikan seluruh bandara yang dikelola AP I bisa melaksanakan layanan selama libur Lebaran 2023 dengan baik saat arus mudik maupun arus balik.

Sebelumnya, Faik Fahmi menggelar pertemuan dengan General Manager Bandara Sepinggan Ahmad Syaugi Shahab dan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Dispora) Balikpapan Cokorda Ida Ratih Kusuma.

Faik mengungkapkan hasil peninjauan di Bandara Sepinggan memperlihatkan semua berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

"Saya mengapresiasi secara khusus kepada seluruh pemegang wewenang di Bandara Sepinggan Balikpapan sehingga tugas kita melayani masyarakat dapat berjalan dengan baik dan lancar," katanya.

Demikian pula halnya dengan di 15 bandara lain yang dikelola AP I.

Bandara lain yang dikelola AP I di Kalimantan adalah Bandara Syamsuddin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Seluruh bandara di Jawa Tengah, yaitu Ahmad Yani di Semarang, Adi Sumarmo Solo, termasuk Adisucipto dan Bandara Internasional Kulon Progo, DI. Yogyakarta.

Di Indonesia bagian timur, AP I mengelola Bandara Internasional Lombok Praya di Lombok, Nusa Tenggara Barat, El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur, Bandara Pattimura Ambon, Maluku; Bandara Sentani Jayapura, Papua, dan Bandara Frans Kaisiepo Pulau Biak, Papua. Di Sulawesi, AP I mengelola bandara di Manado, Sulawesi Utara, yaitu Bandara Internasional Sam Ratulangie.

Berita Lainnya