Tol Fungsional Yogyakarta-Solo Dioperasikan Selama Arus Balik Lebaran

Red: Nora Azizah

 Selasa 25 Apr 2023 21:06 WIB

Sejumlah kendaraan antre melintasi gerbang tol fungsional (Foto: ilustrasi) Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi Sejumlah kendaraan antre melintasi gerbang tol fungsional (Foto:...

Arus balik di jalur Tol Fungsional Yogyakarta-Solo sempat alami antrean panjang.

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) selaku pengelola Tol Fungsional Yogyakarta-Solo mulai mengoperasikan ruas tol, Selasa (25/4/2023), untuk arus balik Lebaran 2023 dari arah Sawit menuju Ngasem Colomadu Karanganyar di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Arus balik yang melintas di jalur Tol Fungsional Yogyakarta-Solo dari Sawit Boyolali menuju simpang empat Nagsem Colomadu Karanganyar yang berjarak sekitar enam kilometer tersebut, sempat mengalami antrean panjang di simpang empat Ngasem menuju gerbang tol Colomadu Karanganyar.

Menurut Direktur Utama PT JMM Suchandra Hutabarat di Boyolali, Selasa, sesuai rencana arus balik jalur tol Yogyakarta-Solo dari Sawit Boyolali menuju Ngasem kemudian masuk Gerbang Tol Colomadu Karanganyar mulai dioperasikan untuk fungsional guna mengurangi kemacetan di simpang Kartasura.

Baca Juga

"Ternyata, animo masyarakat melintasi tol fungsional ini sangat tinggi, volume kendaraan yang melintas hingga pukul 16.00 WIB sudah mencapai 6.723 kendaraan," kata Suchandra.

Menurut dia, arus balik tersebut terkendala saat keluar di perempatan Ngasem Colomadu Karanganyar, karena ada rambu lampu merah atau simpang empat. Awalnya, pihaknya meminta bantuan dari kepolisian pada saat mendapat waktu 15 detik untuk bisa mengalirkan arus kendaraan keluar dari tol fungsional. Sudah ada sedikit pengurangan antrean panjang yang mencapai hingga tiga kilometer menuju gerbang pintu tol Calomadu.

"Kami harap dengan cara buka tutup di pintu masuk tol fungsional Sawit Boyolali dapat mengurangi penumpukan kendaraan menuju simpang empat Ngasem Colomadu," katanya.

Namun, setelah terurai, jalan tol fungsional baru dibuka lagi hingga pukul 17.00 WIB sesuai waktu yang direncanakan. Dia mengatakan, Tol Fungsional Yogyakarta Solo ini, direncanakan beroperasi mulai Selasa ini, hingga 1 Mei 2023 atau dengan melihat perkembangan situasinya.

Dia menyampaikan arus mudik Lebaran melalui tol fungsional ini, mulai beroperasi pada Sabtu (15/4/2023) hingga Senin (24/4/2023), jumlah kendaraan yang memanfaatkan jalur ini, mencapai sekitar 60 ribuan kendaraan yang melintas.

"Arus balik kalau melihat kondisi kendaraan seperti saat pembukaan, Selasa ini, diperkirakan akan mengalami peningkatan jumlah kendaraan yang melintas dibanding arus mudik," katanya.

Tol fungsional Yogyakarta-Solo beroperasi tetap sama mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, karena belum ada penerangan jalan.

Berita Lainnya