Momen Libur Lebaran, Museum Nasional Dipadati Pengunjung

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Bilal Ramadhan

Selasa 25 Apr 2023 17:26 WIB

Pengujung melihati seni di Museum Nasional Indonesia, Jakarta. Museum Nasional dipadati pengunjung yang memanfaatkan libur lebaran. Foto: Republika/Ronggo Astungkoro Pengujung melihati seni di Museum Nasional Indonesia, Jakarta. Museum Nasional dipadati pengunjung yang memanfaatkan libur lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Museum Nasional Indonesia, Jakarta Pusat dipadati para pengunjung pada hari ini (25/4/2023). Terlihat pengunjung mengantre tiket untuk masuk ke dalam museum. Antrean ini cukup panjang dan mereka tetap bertahan walaupun cuaca sedang panas.

Berdasarkan pantauan Republika pada Selasa (25/4/2023), di dalam museum nasional pengunjung berfoto-foto dan membaca keterangan masing-masing benda sejarah yang ada di galeri musik, topeng dan wayang.

Baca Juga

Kebanyakan pengunjung yang ke museum nasional bersama keluarganya. Anak-anak pun terlihat senang dan berlarian di museum tersebut. Ada juga orang tua yang menjelaskan kepada anaknya tentang sejarah benda-benda peninggalan zaman dahulu. Adapun beberapa Warga Negara Asing (WNA) yang mengunjungi museum ini.

Salah satu pengunjung berasal dari Jakarta Timur, bernama Lily (32 tahun) mengatakan ke museum nasional ini untuk mengedukasi anaknya tentang sejarah Indonesia.

"Iya ke museum ini kan buat tambah ilmu ya. Biar anak saya mengetahui sejarah," kata dia.

Ia mengaku baru pertama kali ke museum nasional. Menurutnya, harga tiketnya terjangkau dan areanya juga nyaman.

"Baru pertama kali si ini. Ya ramai si gara-gara libur lebaran ya. Tapi gapapa tetap nyaman kesini. Petugasnya juga informatif," kata dia.

Lalu, terlihat sekelompok anak remaja perempuan yang sedang tertawa dan foto-foto. Republika pun mendekati dan menanyakan kepada salah satu anak remaja tersebut terkait alasan kenapa lebih memilih berwisata ke museum nasional.

"Pengen saja. Ini baru pertama kali. Tahu dari Tiktok juga. Kayaknya seru," kata Harsi yang masih berusia 17 tahun.

Ia mengaku datang dari Bogor, Jawa Barat bersama keluarganya dan saudara-saudaranya. Ia senang ke Museum Nasional karena sesuai yang dipelajari di sekolah tentang sejarah Indonesia.

"Banyak informasi. Materi di sekolah juga ada disini. Kaya rumah adat dan peninggalan benda-benda sejarah. Asik sih," kata dia.

Sementara itu, salah satu pengujung dari Tangerang, bernama Ical (38 tahun) mengatakan ke museum nasional atas permintaan anaknya yang ingin mengenal benda-benda sejarah.

"Iya anak saya yang minta. Saya kesini juga pakai kendaraan umum gampang juga si tinggal turun dari halte monas nyeberang tinggal kesini deh," kata dia.

Ia menambahkan dari segi harga tiket juga murah. Untuk orang dewasa Rp 15 ribu dan untuk anak-anak Rp 7.500. Ia mengaku sudah berkeliling museum ini.

"Baru sekali juga kesini. Luas juga ya sampai gedung B. Bakal kesini lagi deh kayaknya,\" kata dia.

Terpopuler