H+3 Arus Balik Cipali-Cisumdawu Lancar Terkendali

Rep: Ali Mansur/ Red: Friska Yolandha

Selasa 25 Apr 2023 14:44 WIB

Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di ruas Tol Cipali Km 80 arah Palimanan, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023). Situasi arus mudik H+3 lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah lancar dan terkendali. Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di ruas Tol Cipali Km 80 arah Palimanan, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023). Situasi arus mudik H+3 lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah lancar dan terkendali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Situasi arus mudik H+3 lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah lancar dan terkendali. Hal itu disampaikan oleh Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan saat melakukan patroli Kamseltibcarlantas arus balik di Tol Cipali hingga tol Cisumdawu.

"Secara umum situasi arus lalu lintas terutama yang menuju arah Jakarta cukup terkendali dan lancar," ujar Brigjen Aan dalam keterangannya, Selasa (25/4/2023).

Baca Juga

Dirgakkum Korlantas mengajak kepada masyarakat untuk memanfaatkan tol fungsional Cisumdawu. Kata dia, selain situasinya sangat lancar, kondisi jalannya juga sudah cukup baik, kemudian petunjuk arah rambu-rambu lalu lintas sudah memadai.

"Sayang jika tidak dimanfaatkan untuk para pemudik yang akan kembali ke Bandung ataupun ke Jakarta menghindari kepadatan di Cipali itu bisa menggunakan tol Cisumdawu," tutur Brigjen Aan.

Lanjut Brigjen Aan, pemudik balik yang menuju Jakarta ataupun Bandung dapat memanfaatkan tol fungsional Cisumdawu. Pemudik dapat masuk dari Gerbang Tol Ujung Jaya Utama melalui ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Pada H+3 tol fungsional Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dibuka sampai pukul 17.00 WIB.

"Tol fungsional Cisumdawu sampai dengan Cimalaka, Cimalaka melalui Cileunyi arus masih cukup lancar," tutup Brigjen Aan. 

Pemerintah memprediksi puncak arus balik Lebaran 2023 akan berlangsung mulai Senin (24/4/2023). Ada tiga gelombang puncak arus balik, yakni, pada 24-25 April, 29-30 April dan 1 Mei 2023.

 

Terpopuler