Selasa 25 Apr 2023 08:16 WIB

Bek Tengah Korsel ini Diperebutkan MU, City, Liverpool hingga Spurs

Kim sudah mentas di 40 pertandingan dari berbagai ajang.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Didi Purwadi
Bek andalan Napoli, Kim Min-jae (kanan)
Foto: AP Photo/Michael Probst
Bek andalan Napoli, Kim Min-jae (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Nama Kim Min-jae mulai mendapat sorotan lebih. Ini setelah aksi impresifnya bersama Napoli.

Bek tengah asal Korea Selatan itu belum genap setahun bergabung dengan I Partenopei. Ia langsung menjadi andalan skuad biru langit dan membawa timnya di ambang gelar scudetto.

Sepanjang musim 2022/23 bergulir, Kim sudah mentas di 40 pertandingan dari berbagai ajang. Sebanyak 39 di antaranya tampil sebagai starter. 

Penampilan mengesankan pemain andalan Korsel di Serie A menarik perhatian sejumlah raksasa Liga Primer. Man United dikabarkan mempertimbangkan untuk merekrut pesepak bola 26 tahun itu pada musim panas tahun ini. Liverpool dan Tottenham Hotspur juga terlibat dalam perburuan.

''Man City, klub terbaru yang bergabung dalam perlombaan untuk mendapatkan tanda tangan sang bek," demikian laporan yang dikutip dari Sportsmole, Selasa (25/4/2023).

Pelatih City, Pep Guardiola, disebut-sebut sebagai pengagum Kim. Klausul pelepasan eks Fenerbahce itu menyentuh angka 45 juta euro (Rp 744 miliar). Bukan masalah besar bagi klub kaya raya seperti the Citizens.

Namun, Napoli ingin mempertahankan andalan baru mereka. Pada titik tertentu, elite Negeri Spaghetti ini tak memiliki kuasa menahan jika klausul terpenuhi dan Kim bersedia pergi.

Man City butuh bek tengah anyar. Ini karena Aymeric Laporte ingin pindah haluan. Laporte tak bisa terus-terusan menjadi pemain cadangan.

Ia butuh tim baru yang menjadikannya sebagai starter. Itulah mengapa City mulai ancang-ancang mencari jugador anyar. Kim bukan satu-satunya palang pintu yang masuk radar the Citizens.

City juga tertarik pada andalan RB Leipzig yakni Josko Gvardiol. Klausul pelepasan Gvardiol menyentuh angka 97 juta pounds (Rp 1,8 trilun). Angka demikian akan aktif pada 2024 nanti. 

Dalam beberapa bulan ke depan, jika ada yang berminat, Leipzig bersedia menerima tawaran minimal 80 juta pounds (Rp 1,5 triliun). Gvardiola yang baru berusia 21, merupakan bintang tim nasional Kroasia di Piala Dunia 2022 lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement