Sejumlah Pemudik Tujuan Sumatra Baru Berangkat H+1 Lebaran

Red: Friska Yolandha

Senin 24 Apr 2023 16:30 WIB

Sejumlah calon penumpang menaiki barang bawaan kedalam bus di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta, Selasa (18/4/2023). Koordinator Satuan Pelaksana Operasional Terminal Terpadu Pulo Gebang Hendra Kurniawan mengatakan sejumlah pemudik tujuan Sumatra terpantau memilih untuk berangkat pada H+1 Lebaran. Foto: Republika/Prayogi Sejumlah calon penumpang menaiki barang bawaan kedalam bus di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta, Selasa (18/4/2023). Koordinator Satuan Pelaksana Operasional Terminal Terpadu Pulo Gebang Hendra Kurniawan mengatakan sejumlah pemudik tujuan Sumatra terpantau memilih untuk berangkat pada H+1 Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Satuan Pelaksana Operasional Terminal Terpadu Pulo Gebang Hendra Kurniawan mengatakan sejumlah pemudik tujuan Sumatra terpantau memilih untuk berangkat pada H+1 Lebaran (Idul Fitri) 1444 Hijriah di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta, Senin (24/4/2023). Terdapat lima ratusan penumpang yang berangkat pada Senin.

"Khusus tujuan Sumatra animonya cukup ramai karena ada 500-an penumpang yang berangkat pada H+1 Lebaran hari Senin (24/4/2023) ini," katanya ketika dimintai keterangan di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta, Senin.

Baca Juga

Ia mengatakan jumlah tersebut terbilang cukup banyak dibandingkan dengan penumpang tujuan daerah lainnya meski tidak sebanyak saat H-3 Lebaran.

Hendra menjelaskan jumlah tersebut merupakan jumlah yang terdata di Terminal Terpadu Pulo Gebang, belum termasuk penumpang yang naik dari agen ataupun terminal lainnya. "Kebanyakan pemudik tujuan Sumatera mencari rezeki saat Lebaran, jadi mereka baru sempat pulang kampung di hari-hari sekarang," katanya.

Berdasarkan pantauan Antara, jumlah pemudik tujuan Sumatra lebih mendominasi dibandingkan dengan pemudik tujuan daerah lainnya di Terminal Terpadu Pulo Gebang pada Senin ini. Mayoritas adalah penumpang tujuan Lampung, Bengkulu, Padang (Sumatra Barat), hingga Medan (Sumatra Utara).

Seperti halnya Ahmad (27), pemudik tujuan Padang memilih untuk mudik setelah Lebaran karena harus bekerja dan baru mendapat jatah libur. Hal ini sesuai dengan rekomendasi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi agar pemudik menghindari perjalanan saat puncak arus milir guna menghindari potensi penumpukan kendaraan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus milir (balik ke hilir) Lebaran 2023 akan berlangsung pada tanggal 24-25 April serta 29-30 April dan 1 Mei 2023.

 

Terpopuler