Bosan Makan Opor? Coba Alternatif Menu Ini

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Senin 24 Apr 2023 14:17 WIB

Hidangan bakso. Bosan Makan Opor? Coba Alternatif Menu Ini Foto: Republika/Shelbi Asrianti Hidangan bakso. Bosan Makan Opor? Coba Alternatif Menu Ini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hidangan seperti opor dan rendang merupakan menu-menu yang sering muncul di hari raya Idul Fitri Indonesia. Meski enak, namun tidak jarang orang-orang mulai bosan menyantap makanan bersantan ini selama beberapa hari berturut-turut.

Karena itu, tidak ada salahnya menyantap menu lain sebagai pengganti maupun pendamping menu di hari Lebaran. Di bawah ini, terdapat beberapa alternatif menu Idul Fitri yang bisa disiapkan di meja makan selain opor ayam, ketupat, maupun sayur labu.

Baca Juga

1. Bakso

Hidangan olahan daging yang satu ini merupakan menu yang hampir pasti selalu ada di setiap kota. Bakso bisa menjadi pilihan santapan lain, karena kuahnya yang lebih bening dibandingkan opor dan segar.

Jika tidak bisa membuat bakso sendiri, Anda bisa dengan membeli di warung bakso yang buka di hari itu.

2. Soto

Menu soto bisa menjadi pilihan lain untuk disantap jika bosan dengan opor ayam atau rendang. Setiap daerah di Indonesia memiliki sajian soto khasnya sendiri, baik menggunakan daging ayam maupun daging sapi.

3. Rawon

Makanan khas Jawa Timur ini memiliki kuah berwarna hitam kecoklatan dengan rasa segar. Campuran tauge, jeruk nipis dan sambal membuat masakan ini menghasilkan rasa yang segar.

4. Salad

Jika ingin makanan segar lainnya, bisa mencoba hidangan salad, baik salad buah maupun salad sayur. Campuran sayur segar ataupun buah dengan tambahan mayones membuat makanan ini bisa menjadi alternatif santapan lain di hari raya.

Selain segar, makanan ini juga memiliki banyak vitamin dan serat yang bermanfaat bagi tubuh, termasuk pencernaan.

5. Capcay

Olahan sayur yang satu ini juga bisa menjadi pilihan lain bagi Anda yang bosan dengan santan. Berbagai jenis sayuran disatupadukan dengan protein, seperti sosis, daging ayam, maupun bakso, membuatnya menjadi lebih nikmat.