H+2 Lebaran, Jumlah Kendaraan di Ruas Tol Jabotabek Meningkat

Red: Bilal Ramadhan

Senin 24 Apr 2023 13:46 WIB

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di kawasan Jalan TB Simatupang, Jakarta. Jumlah kendaraan yang melalui ruas tol di Jabotabek meningkat pada H+2 lebaran. Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di kawasan Jalan TB Simatupang, Jakarta. Jumlah kendaraan yang melalui ruas tol di Jabotabek meningkat pada H+2 lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jasa Marga mencatatkan peningkatanan signifikan volume lalu lintas (lalin) di Ruas Tol area Jabotabek pada Hari Kedua Perayaan Idul Fitri 1444.

"Pada Ruas Tol Jagorawi, terpantau peningkatan signifikan volume lalu lintas pada GT Ciawi 1 arah Puncak," ujar Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Panji Satriya dalam keterangannya di Jakarta, Senin (24/4/2023).

Baca Juga

Panji menambahkan, tercatat sebanyak 47,816 kendaraan melintas, meningkat 71,78 persen dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 27.836 kendaraan.

Peningkatan volume lalu lintas juga terpantau pada GT Cikupa arah Pelabuhan Merak. Tercatat sebanyak 46.492 kendaraan melintas, meningkat 50,21 persen dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 30.951 kendaraan.

Jasa Marga memprediksi arus balik gelombang pertama Idul Fitri 1444 H mulai terjadi hari ini, 24 April 2023 sampai dengan 25 April 2023 dikarenakan sebagian aktivitas perkantoran akan kembali dimulai pada 26 April 2023.

Jasa Marga juga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan fisik dan kendaraan dalam kondisi prima, memperhatikan kecukupan BBM dan saldo e-toll untuk kenyamanan perjalanan.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan hanya menggunakan satu e-toll yang sama ketika tapping di gerbang tol masuk dan tapping di gerbang tol keluar di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup seperti Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi serta Jalan Tol JORR II.

Pengguna jalan tol juga diimbau melakukan pembaharuan informasi lalulintas, terutama terkait rekayasa lalu lintas seperti contraflow, one way dan ganjil genap di jalan tol dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga melalui media sosial, aplikasi Travoy, Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor telepon 14080.