Polisi Juga Terapkan One Way di Jalur Wisata Anyer-Carita

Red: Bilal Ramadhan

Senin 24 Apr 2023 13:02 WIB

Sejumlah kendaraan wisatawan terjebak kemacetan di Pandeglang, Banten menuju kawasan wisata Pantai Anyer dan Carita. Polisi juga menerapkan sistem one way di jalur wisata Anyer-Carita, Banten. Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas Sejumlah kendaraan wisatawan terjebak kemacetan di Pandeglang, Banten menuju kawasan wisata Pantai Anyer dan Carita. Polisi juga menerapkan sistem one way di jalur wisata Anyer-Carita, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Kepolisian Daerah (Polda) Banten dan jajaran melakukan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan sistem buka tutup atau one way pada jalur wisata Anyer-Carita.

Karoops Polda Banten Kombes Dedi Suhartono dalam keterangan tertulis di Cilegon, Senin (24/4/2023), mengatakan pihaknya mengupayakan kelancaran arus lalu lintas menuju Anyer-Carita dengan melaksanakan kegiatan one way sistem.

Baca Juga

Kegiatan sistem jalur satu arah itu dilaksanakan secara tentatif untuk jamnya dengan cara melihat padat atau tidak kendaraan yang menuju Anyer bila terjadi kepadatan akan dilaksanakan sistem one way.

Dengan upaya ini,kata dia, untuk mengurangi kepadatan kendaraan yang akan berwisata ke pantai di pesisir Banten bagian barat. "Kami mengimbau masyarakat yang berwisata sebelum pukul 17.00 WIB agar sudah persiapan balik karena kami akan melaksanakan kembali kegiatan one way sistem dari arah pantai menuju Kota Cilegon," kata Dedi.

Dedi juga memberikan penekanan untuk Polres Cilegon dan Polres Pandeglang untuk terus melakukan koordinasi terkait pelaksanaan one way system.

Terkait pelaksanaan sistem one way di jalur Anyer-Carita, dia mengharapkan Polres Cilegon dan Polres Pandeglang bisa selalu berkoordinasi agar pelaksanaan sistem one way bisa terlaksana dengan baik dan mengurangi kepadatan di jalur wisata.

Untuk cara bertindak di lapangan, dari Polda Banten mem-back up satuan wilayah yaitu Polres Cilegon dan Polres Pandeglang, jika situasi arus lalu lintas terjadi kepadatan dan keadaan tempat wisata pada kondisi kapasitas daya tampung sudah lebih dari 50 persen, dapat dilakukan rekayasa lalu lintas.

Rekayasa itu dilakukan dengan filterisasi terhadap kendaraan yang akan masuk ke daerah wisata maupun dilakukannya sistem lalu lintas satu arah one way traffic yang menuju ke wisata Anyer-Carita, maupun sebaliknya.

Begitu juga bagi wisatawan yang bertujuan Anyer-Carita bisa mengakses jalur alternatif menuju kawasan wisata Anyer melalui Padarincang.

"Untuk wisatawan yang menuju pantai Anyer bisa melalui jalur alternatif, terdapat beberapa jalur alternatif yang bisa mempersingkat waktu, jalur tersebut adalah jalur Padarincang yang kondisi mulus dan memiliki rambu-rambu jalan yang lengkap," kata Dedi.