Rajjar Mithai Membuat Perayaan Idul Fitri Jauh lebih Manis di Pakistan

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil

Senin 24 Apr 2023 10:00 WIB

Rajjar Mithai Foto: Arab News Rajjar Mithai

REPUBLIKA.CO.ID,PESHAWAR — Salahuddin Khan minggu lalu melakukan perjalanan lebih dari 160 kilo meter ke kota Charsadda di provinsi Khyber Pakhtunkhwa Pakistan, hanya agar dia bisa membeli beberapa Rajjar mithai, salah satu suguhan Idul Fitri paling populer di wilayah tersebut.

Camilan cokelat keemasan yang renyah yang terbuat dari jaggery (sejenis gula tebu), tepung terigu olahan, dan soda kue mengambil namanya dari Rajjar Bazaar, yang terletak tepat di utara Charsadda. 

Baca Juga

Sebagian besar toko di sana dulu dimiliki oleh umat Hindu sebelum jutaan dari mereka bermigrasi ke Punjab Timur setelah Pemisahan India pada tahun 1947.

Saat ini, ribuan pelanggan mengunjungi pasar menjelang Idul Fitri untuk membeli permen tradisional untuk perayaan mereka atau untuk diberikan sebagai hadiah kepada teman dan kerabat. Begitulah popularitasnya sehingga beberapa orang membelinya untuk dijual

"Saya datang dari Timergara untuk mithai ini," kata Khan dilansir dari Arab News, Senin (24/4/2023).

“Kami datang setiap tahun. Kami memberi mereka pesanan sekitar 300-400 kg mithai dua hingga tiga hari sebelum kami datang untuk mengambilnya,” ujarnya di depan toko Chacha Israr-ud-Din Mithai, yang didirikan pada tahun 1930 dan dikenal sebagai toko permen asli.

Khan membeli dalam jumlah banyak untuk keluarganya dan untuk dijual kembali. Dia juga menerima pesanan dari teman-teman. "Kami menerimanya karena tidak akan membusuk selama 10 hingga 15 hari,” ujar Khan.

Menurut pemilik toko, Sharaf-ud-Din, proses memanggang khusus memberi mithai rasa dan umur panjangnya yang unik. Cara membuatnya dengan menguleni campuran tepung terigu olahan, soda kue, ghee, dan air. 

Kemudian adonan, dibagi menjadi bentuk kecil dan tidak beraturan yang menyerupai jaggery, dibiarkan kering dan kemudian dipanggang dan terakhir direndam dalam sirup gula.

"Kami menambahkan soda kue dan air saat menyiapkan adonan, dan tidak ada bahan kimia yang ditambahkan," kata Sharaf-ud-Din.

Semakin banyak ghee yang kita tambahkan dalam proses pengadukan, semakin banyak ghee yang diserap dalam proses backing. Karena ini, mithai produknya terkenal lembut dan dimasak dari dalam dan luar.

Din mengatakan dia mempelajari resep itu dari seorang manisan Hindu yang pindah ke India setelah Partisi.

Ayahnya, Israr-ud-Din, membuka toko pada tahun 1930 dan tetap dikelola keluarga. Lalu pada 1974, Din mulai meneruskan bisnis ayahnya dan mengelola sendiri dampai sekarang.

"Kamu bisa lihat semua pekerja ini, mereka semua adalah keponakanku,” ujar Din seraya menunjukkan para stafnya.

Din mengatakan dia mulai menerima pesanan untuk mithainya 10 hari sebelum Idul Fitri untuk memastikan dia bisa memenuhi permintaan pelanggan.

Permen dasarnya berharga 450 rupee Pakistan atau 1,60 dolar atau setara dengan Rp 24 ribu per kilogram, dengan yang paling mahal, dibuat dengan ghee ekstra, dengan harga Rs800 per kilogram.

Din menjual sebagian besar mithainya kepada orang-orang di seluruh Pakistan, meskipun dia juga memiliki pembeli di Arab Saudi, yang memiliki komunitas ekspatriat Pakistan yang besar

"Di Pakistan, dengan berkah Allah, itu dimakan di seberang Khyber Pakhtunkhwa," katanya. "Itu juga dipasok ke Punjab dan Balochistan,” tambahnya.