12 Ruas Tol Tawarkan Diskon untuk Arus Balik, Cek Jadwalnya

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor

Senin 24 Apr 2023 08:09 WIB

Foto udara kendaraan melintas di jalan Tol Cikampek Utama saat penerapan satu arah, Karawang, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyambut positif inisiatif Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang turut memberikan diskon tarif tol pada arus balik Lebaran 2023. Foto: ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah Foto udara kendaraan melintas di jalan Tol Cikampek Utama saat penerapan satu arah, Karawang, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyambut positif inisiatif Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang turut memberikan diskon tarif tol pada arus balik Lebaran 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyambut positif inisiatif Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang turut memberikan diskon tarif tol pada arus balik Lebaran 2023. Kementerian PUPR memastikan saat ini bertambah enam ruas jalan tol sehingga total terdapat 12 ruas jalan tol yang memberikan diskon tarif pada arus balik Lebaran 2023.

“Diharapkan, diskon tarif tol ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kembali ke Jakarta,” kata Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (23/4/2023) malam.

Baca Juga

Dia menjelaskan, diskon tarif tol tersebut merupakan upaya pemerintah bersama BUJT untuk memecah arus kepadatan lalu lintas dan penumpukan di jalan tol. Khususnya pada saat arus balik Lebaran Idul Fitri 2023.

Triono menuturkan, penerapan diskon tarif tol terjauh sebesar 20 persen diberlakukan pada 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga 29 April 2023 pukul 06.00 WIB pada enam ruas Tol Trans Jawa dari Semarang hingga Jakarta. Keenam ruas tol tersebut Jalan tol Batang-Semarang yang dikelola PT Jasamarga Semarang Batang untuk semua golongan kendaraan, Jalan Tol Pemalang-Batang yang dikelola PT Pemalang Batang Toll Road untuk semua golongan kendaraan, dan Jalan Tol Pejagan-Pemalang yang dikelola PT Pejagan Pemalang Toll Road untuk semua golongan kendaraan.

Begitu juga untuk Jalan Tol Kanci-Pejagan yang dikelola oleh PT Semesta Marga Raya untuk semua golongan kendaraan dan Jalan Tol Palimanan-Kanci yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk semua golongan kendaraan. Selain itu juga Jalan Tol Cikampek (Cikopo)-Palimanan yang dikelola Astra Tol Cipali hanya untuk kendaraan golongan I.

Sebelumnya, untuk arus balik Lebaran 2023, diskon tarif tol untuk semua golongan kendaraan juga diberikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 20 persen. Diskon tersebut diberikan untuk ruas Tol Jakarta-Cikampek 27-29 April 2023  pada Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama.

Sementara itu, PT Hutama Karya (Persero) Tbk juga memberikan diskon tarif tol pada ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra. Diskon tersebut juga diberlakukan sebesar 20 persen pada 27-29 April 2023 untuk semua golongan kendaraan pada tarif tol terjauh yang masuk dari Gerbang Tol Bakauheni Selatan hingga keluar Gerbang Tol Kayu Agung.

Selanjutnya, Tol Kayu Agung-Palembang-Betung yang dikelola oleh PT Waskita Toll Road melalui anak perusahaannya PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) juga memberikan diskon tarif tol untuk semua golongan kendaraan sebesar 20 persen dan berlaku pada 27-29 April 2023. Lalu PT Marga Mandalasakti (Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak) untuk jalan tol Tangerang-Merak memberikan potongan tarif tol 20 persen pada 27-29 April 2023.

Kemudian diskon tarif tol diberikan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways untuk ruas tol Cibitung-Cilincing pada 14-30 April 2023. Besaran potongan tarif tol adalah golongan I sebesar 15 persen, Golongan II dan III sebesar 44 persen, dan Golongan IV dan V sebesar 58 persen.

"Dengan adanya penerapan diskon tarif tol pada momen arus balik Lebaran 2023 ini, diharapkan dan diimbau kepada masyarakat lebih bijak dalam memilih waktu pulang kembali ke Jakarta agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalan tol,” ucap Triono.

Terpopuler