Banyak Orang Kumpul Keluarga, Penjaga Harimau Ragunan 3 Tahun tak Mudik: Ini Curhatnya

Red: Erdy Nasrul

Ahad 23 Apr 2023 22:10 WIB

Ilustrasi penjaga harimau. Foto: Antara/Wahdi Septiawan Ilustrasi penjaga harimau.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjaga (zookeeper) harimau benggala Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan mengaku merindukan mudik atau pulang kampung selama libur Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Sudah tiga tahun saya tidak mudik, memang kalau 'zookeeper' itu tidak ada istilah mudik," kata penjaga harimau benggala Taman Margasatwa Ragunan Ibnu Triputro, di Jakarta, Ahad (23/4/203).

Baca Juga

Menurut pria berusia 28 tahun itu dirinya tidak bisa mudik lantaran setiap harinya harus menjaga sejumlah satwa harimau di tempat wisata tersebut.

Terlebih, pihaknya juga harus bergantian dengan penjaga lainnya sesuai jadwal piket sehingga para satwa memang tak bisa ditinggalkan lantaran masih harus dipastikan kebutuhan hariannya.

Ibnu menambahkan dia juga tak tega meninggalkan harimau yang telah dijaganya sejak kecil di Taman Margasatwa Ragunan itu lantaran sudah diperlakukan layaknya peliharaan sendiri.

"Tentu sedih kalau semisal mereka meninggal, khawatir juga, sama halnya seperti kita punya peliharaan terus ditinggal, kan pasti sedih," tambahnya.

Dia turut menerangkan perawatan pada harimau harus terlindung dan dipastikan aman lantaran pada kebun binatang para harimau ini dilepas dan tidak dijinakkan. Mengingat sang harimau tak bisa dipegang langsung, maka penanganan terbilang khusus mulai dari fasilitas kandang tidur, tempat makan hingga penanganan medis.

"Harimau bernama Margo ini kalau gak dekat sama lainnya bisa berantem dan kalau masa kawin biasanya kita lihat masanya dulu," katanya.

Menurut Ibnu, setiap harimau betina yang hidup di kawasan tropis biasanya birahi tiap bulan namun semua tergantung apakah jantan dan betina saling cocok saat masa pengenalan.

"Kita pernah kawinkan harimau tapi belum berhasil, memang tergantung bisa langsung cocok ataupun butuh waktu," katanya.

Hingga kini tercatat belum ada penambahan ataupun kelahiran satwa harimau baru di Taman Margasatwa Ragunan.

Hingga kini, jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan hingga pukul 15.00 WIB pada hari kedua Lebaran mencapai 94 ribu orang.

Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang di Jakarta, Minggu, mengatakan bahwa jumlah ini merupakan jumlah pengunjung tertinggi dibanding jumlah pengunjung tahun lalu pada periode yang sama.

"Kemungkinan hari ini sudah menjadi jumlah pengunjung tertinggi, besok masih tinggi tapi karena ini kebetulan momennya hari Ahad," katanya.