Wisatawan Masuk Malioboro Diimbau Pakai Transportasi Umum

Red: Bilal Ramadhan

Ahad 23 Apr 2023 08:05 WIB

Tukang becak motor menunggu penumpang di Malioboro, Yogyakarta. Wisatawan yang ingin ke Malioboro diimbau menggunakan moda transportasi umum. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Tukang becak motor menunggu penumpang di Malioboro, Yogyakarta. Wisatawan yang ingin ke Malioboro diimbau menggunakan moda transportasi umum.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota Yogyakarta meminta wisatawan yang berencana menghabiskan masa libur Lebaran di kawasan Malioboro untuk memaksimalkan penggunaan moda transportasi umum alih-alih menggunakan kendaraan pribadi.

"Kawasan Malioboro, Tugu, dan Keraton adalah kawasan yang kerap menjadi tujuan utama wisatawan semasa libur Lebaran dan dapat dipastikan terjadi kepadatan lalu lintas di ruas-ruas jalan tersebut," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif di Yogyakarta, Sabtu (22/4/2023).

Baca Juga

Oleh karenanya, lanjut Agus, wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi diimbau untuk lebih memaksimalkan penggunaan moda transportasi umum apabila ingin menuju ke kawasan Malioboro agar tidak terjebak kepadatan lalu lintas.

"Misalnya menggunakan angkutan daring, menggunakan moda transportasi bus Trans Jogja atau menggunakan moda kereta rel listrik (KRL)," katanya.

Dengan menggunakan moda transportasi umum, maka wisatawan juga tidak akan direpotkan untuk mencari lahan parkir di kawasan tersebut.

"Kami juga berkoordinasi dengan pihak lain seperti Bandara Adi Sutjipto di Maguwo untuk parkir kendaraan. Wisatawan bisa memanfaatkan KRL untuk menuju Malioboro," katanya.

Selama libur Lebaran, KRL Yogyakarta-Solo beroperasi 30 perjalanan sehari yang dimulai dari pukul 05.05 WIB hingga 23.35 WIB.

Berdasarkan perkiraan awal yang menyebut ada sekitar 5,6 juta pemudik yang masuk ke DIY dengan 70 persen di antaranya menggunakan mobil pribadi. Dengan demikian, akan ada sekitar 1,5 juta hingga dua juta kendaraan pribadi yang akan masuk ke DIY selama libur Lebaran.

"Prediksi jumlah kendaraan yang masuk ke DIY tentu sangat banyak dan ini berat. Makanya perlu dilakukan rekayasa lalu lintas," katanya.

Selama libur Lebaran, Pemerintah Kota Yogyakarta juga akan mengubah peruntukan tempat khusus parkir (TKP) yang semula untuk bus pariwisata menjadi parkir untuk kendaraan pribadi.

"Peningkatan kepadatan lalu lintas di Yogyakarta diperkirakan terjadi H+ Lebaran. Kami akan lalukan rekayasa progresif sesuai kondisi kepadatan lalu lintas," katanya.