Pilihan Minuman Menyegarkan untuk Idul Fitri

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Gita Amanda

Sabtu 22 Apr 2023 10:56 WIB

Es menari merupakan kreasi berbuka puasa yang terdiri dari melon, nangka dan timun suri. Foto: Republika/Havid Al Vizki Es menari merupakan kreasi berbuka puasa yang terdiri dari melon, nangka dan timun suri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain menyuguhkan kue-kue kering, minuman segar biasanya tersedia untuk suguhan tamu di Hari Raya Idul Fitri. Biasanya, es sirup menjadi andalan yang hadir di meja tamu sebagai pendamping.

Selain es sirup, ada beberapa pilihan menu minuman lain yang bisa disajikan sebagai jamuan lebaran. Tidak hanya menyegarkan, minuman-minuman ini juga bisa menyegarkan.

Berikut ini beberapa jenis minuman yang bisa menjadi pilihan di hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah:

1. Es blewah

Blewah merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain segar, minuman ini juga bisa membantu mengatasi sembelit karena seratnya.

Cara membuat es blewah ini mudah, tinggal menyerut atau mengeruk buahh blewah dan dimasukkan ke dalam air berisi es. Tambahan irisan jeruk dan madu bisa diberikan untuk menambah kesegarannya.

2. Es jeruk selasih

Es jeruk bukanlah minuman yang baru di masyarakat Indonesia. Minuman ini biasanya ditambah dengan gula untuk mengimbangi rasa asam dari jeruk. Untuk menambah kandungan seratnya, bisa ditambahkan biji selasih ke dalam minuman ini.

3. Air kelapa

Seperti yang sudah diketahui, air kelapa memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terlebih kelapa hijau. Air yang dikandung terbukti mampu mengembalikan kadar gula darah dan elektrolit dalam tubuh.

Minuman ini juga membawa manfaat lain saat lebaran, terlebih setelah mengkonsumsi makanan yang tinggi gula dan karbohidrat. Tidak hanya itu, air kelapa bermanfaat untuk membantu mengatur kadar kolesterol dan tekanan darah.

4. Wedang jahe

Wedang jahe dipercaya mampu melindungi tubuh dari peradangan. Minuman berbahan dasar rempah ini mengandung mineral dan dapat mendukung kinerja bakteri baik dalam saluran pencernaan.

5. Smoothies

Smoothies merupakan salah satu bentuk olahan minuman dengan bahan dasar buah, namun tidak disaring seperti jus. Dengan cara ini, semua manfaat dari buah dan sayur yang ada bisa dimanfaatkan dengan lebih maksimal.

6. Es timun suri

Buah timun suri dipercaya memiliki kandungan antioksidan, vitamin C dan vitamin lain yang membawa manfaat baik bagi tubuh. Minuman dari buah ini biasanya menjadi salah satu yang khas di Indonesia.

Selain manfaat di atas, suguhan ini juga berfungsi menjaga imunitas subuh dan baik untuk pencernaan.